CLOSE [X]
kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.010,74   -8,25   -0.81%
  • EMAS994.000 0,20%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Penerimaan pajak PPh orang pribadi hingga September 2021 terkontraksi, ini alasannya


Selasa, 26 Oktober 2021 / 14:34 WIB
Penerimaan pajak PPh orang pribadi hingga September 2021 terkontraksi, ini alasannya
ILUSTRASI. Penerimaan pajak PPh orang pribadi hingga September 2021 terkontraksi, ini alasannya


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mencatat penerimaan neto mayoritas jenis pajak terus membaik pada September 2021. Kecuali, penerimaan dari Pajak Penghasilan orang pribadi (PPh OP) yang mengalami kontraksi 0,3%.

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Direktorat Jenderal (Ditjen) Pajak Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Neilmaldrin Noor, mengatakan, terkontraksinya penerimaan dari PPh OP dikarenakan penerimaan PPh OP yang secara kuartalan mengalami pergerakan yang cukup dinamis.

Neilmaldrin mencatat, pada kuartal I 2021, bertepatan dengan periode pelaporan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) dan pembayaran tahunan, penerimaan PPh OP mengalami pertumbuhan sebesar 99,3%.

Baca Juga: Penerimaan pajak neto mayoritas jenis pajak terus membaik pada September 2021

Akan tetapi, pada kuartal II 2021 turun dengan minus 63,7%. Sedangkan pada kuartal III 2021 ini, penerimaan PPh OP kembali membaik dengan catatan pertumbuhan 14,5%.

Dengan melihat pemulihan kegiatan ekonomi masyarakat Neilmaldrin memprediksi kinerja positif di kuartal III akan terus berlanjut di kuartal IV. “Untuk angka proyeksinya sendiri masih dalam perhitungan internal kami,” kata Neilmaldrin kepada Kontan.co.id, Selasa (26/10).

Lebih lanjut, Dia mengatakan, untuk menjaga pertumbuhan yang positif dari penerimaan pajak, pihaknya akan terus mengawasi dan melakukan monitor terhadap kegiatan ekonomi masyarakat. Selain itu, uji kepatuhan material akan terus dilakukan.

Selanjutnya: Penerimaan pajak neto mayoritas jenis pajak terus membaik pada September 2021

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×