kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45892,72   -3,94   -0.44%
  • EMAS1.368.000 0,37%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pencalonan Kapolri dibahas Komisi III pekan depan


Senin, 12 Januari 2015 / 16:59 WIB
Pencalonan Kapolri dibahas Komisi III pekan depan
ILUSTRASI. Sejarah Salatiga bisa ditelusuri melalui Prasasti Plumpungan, namun ada sejarah Salatiga versi legenda.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Ketua Komisi III DPR RI Aziz Syamsuddin mengatakan bahwa DPR akan mulai membahas pencalonan Komisaris Jenderal Polisi Budi Gunawan sebagai calon tunggal Kapolri dalam rapat pleno pada Senin (19/1). Dalam rapat tersebut akan dibahas mengenai mekanisme pelaksanaan uji kelayakan dan kepatutan calon Kapolri.

"Disepakati pleno dilakukan 19 Januari," kata Aziz di Kompleks Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (12/1).

Aziz mengungkapkan, sebelum rapat pleno digelar, perwakilan Komisi III DPR dijadwalkan mengunjungi kediaman Budi. Kunjungan itu akan digelar pada Jumat (16/1) siang.

Politisi Partai Golkar itu mengatakan, dalam rapat tersebut juga akan disampaikan pandangan dari tiap fraksi. Ia berharap semua fraksi dapat terlibat dalam tim kecil untuk menentukan mekanisme dan pertanyaan guna melengkapi pertanyaan yang disiapkan pimpinan dan sekretariat DPR. "Kami libatkan fraksi-fraksi untuk ikut urun rembuk," ujarnya.

Selain itu, ada kemungkinan Komisi III DPR akan meminta rekomendasi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) serta Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK). Sikap itu bisa diambil jika rapat pleno mengusulkan dan disetujui oleh mayoritas peserta rapat.

Budi Gunawan dicalonkan oleh Presiden Joko Widodo sebagai calon tunggal Kepala Polri. Dokumen pencalonan Budi Gunawan itu beredar seperti yang diterima Kompas.com pada akhir pekan lalu. Dalam dokumen tersebut, Budi dicalonkan oleh Jokowi sebagai calon tunggal dan surat pemberitahuan itu diserahkan ke DPR dengan tanggal 9 Januari 2015. Saat ini Budi tercatat sebagai jendral bintang tiga dan menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan Polri.

Bersamaan dengan pengajuan calon Kapolri itu, Jokowi akan memberhentikan Kapolri Jendral Sutarman dari jabatannya. Budi pernah menjadi ajudan Presiden Megawati Soekarnoputri. Seusai menjadi ajudan, Budi pernah menjabat Kapolda Bali (2012). (Indra Akuntono)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×