kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemilu 2024, Nasdem Membidik 2 Besar Perolehan Suara Terbanyak


Senin, 01 Agustus 2022 / 14:58 WIB
Pemilu 2024, Nasdem Membidik 2 Besar Perolehan Suara Terbanyak
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh memberikan sambutan saat kuliah umum pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai NasDem di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Ketua Umum Partai Nasdem Ahmad Ali mengungkapkan, pihaknya ingin menjadi peraih suara di urutan kedua dalam Pemilu 2024. Ia menyebut target itu cukup realistis untuk bisa dicapai Partai Nasdem.

“Kami menargetkan menjadi dua besar, (Pemilu 2019) kemarin kami ada di empat besar, tentunya kami akan sangat realistis kalau kemudian kami harus berpikir ke depan,” papar Ali pada wartawan di kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (1/8/2022).

Adapun berdasarkan hasil Pemilu 2019, perolehan suara Partai Nasdem berada di urutan keempat dengan 12,6 juta suara. Sedangkan peringkat pertama dihuni oleh PDI Perjuangan dengan 27,5 juta suara, disusul Partai Golkar dengan 17,2 juta suara dan Partai Gerindra yang memperoleh 17,5 juta suara.

“Kalau (pemilu) kemarin kami dapat (peringkat) empat terus kami tidak naik kelas, itu kami dalam posisi yang merugi. Jadi kami lihat ke depan menargetkan dua besar, tapi untuk jadi pemenang pun kami siap,” jelas dia.

Baca Juga: Ketua KPU: PPP, Golkar, dan PAN akan Daftar Bersama, Gerindra dengan PKB

Di sisi lain, ia menuturkan Partai Nasdem telah mempersiapkan kelengkapan administratif dalam proses pendaftaran Pemilu 2024. Termasuk, memenuhi jumlah keterwakilan 30 persen perempuan mulai dari pengurus pusat hingga daerah.

“Kenapa kami mendaftar hari ini, hari pertama, ini sebagai gambaran bahwa kami sejak awal sudah final untuk mengikuti kontestasi Pemilu 2024,” imbuhnya.

Diketahui Partai Nasdem hadir di KPU sekitar pukul 09.39 WIB. Dalam pendaftaran itu, partai pimpinan Surya Paloh diwakili oleh Ahmad Ali, Sekretaris Jenderal Johnny G Plate dan Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Prananda Surya Paloh.

Selain Partai Nasdem, tujuh parpol lainnya sudah menyerahkan berkas ke KPU yakni PDI Perjuangan, Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Prima, Partai Reformasi, Partai Keadilan dan Persatuan (PKP), Partai Bulan Bintang (PBB), serta Partai Perindo.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Nasdem Target Jadi Dua Besar pada Pemilu 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×