kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45866,25   0,74   0.09%
  • EMAS918.000 0,11%
  • RD.SAHAM -0.32%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.08%

Pemerintah terus godok kebijakan untuk menangkal krisis ekonomi


Senin, 23 Maret 2020 / 16:27 WIB
Pemerintah terus godok kebijakan untuk menangkal krisis ekonomi
ILUSTRASI. Aktivitas bongkar muat di Terminal Petikemas Tanjung Priok, Jakarta Utara, Jumat (3/1). Kementerian Perdagangan menargetkan ekspor melonjak hingga dua digit pada 2020 mendatang. Nilai ekspor pada triwulan III 2019 hanya sebesar 0,02%. Pertumbuhan tersebut

Reporter: Grace Olivia | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Tantangan perekonomian dalam negeri sama sekali tak mudah dalam tahun ini. Di tengah kasus wabah Covid-19 yang masih bertambah, pemerintah dihadapkan pada tantangan menopang kinerja perekonomian agar tak terjerembap.

Pasalnya, disrupsi pada aktivitas ekonomi akibat wabah Covid-19 dipastikan membuat pertumbuhan ekonomi Indonesia jauh lebih lambat.

Baca Juga: MDLN buka pemasaran tahap ketiga Modernland Cilejit

Menteri Keuangan Sri Mulyani sebelumnya memproyeksi, ekonomi hanya akan tumbuh setidaknya di kisaran 4% berdasarkan skenario moderat.

Tambah lagi, nilai tukar rupiah makin tertekan. Di pasar spot sore ini, kurs mata uang Garuda berada di posisi Rp 16.575 per dollar AS.

Rupiah menjadi mata uang paling lemah di Asia saat ini dengan depresiasi mencapai 19,54% sejak awal tahun. Di pasar modal, indeks saham terus merosot hingga menembus level 3.900-an pada penutupan perdagangan hari ini.

Baca Juga: Ekspor industri manufaktur meningkat 10,93% di dua bulan pertama tahun ini

Begitu juga dengan jatuhnya harga minyak mentah dunia dari kisaran US$ 60 per barel ke kisaran US$ 22 per barel yang tentunya berpengaruh pada kinerja anggaran pemerintah dari sisi penerimaan pajak dan bukan pajak di sektor sumber daya alam.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Rahasia Banjir Order dari Digital Marketing Sukses Berkomunikasi: Mempengaruhi Orang Lain Batch 3

[X]
×