kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45952,80   9,76   1.04%
  • EMAS1.014.000 -1,46%
  • RD.SAHAM -0.04%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 di Sejumlah Daerah, Ini Kata Apindo


Senin, 07 Februari 2022 / 23:41 WIB
Pemerintah Terapkan PPKM Level 3 di Sejumlah Daerah, Ini Kata Apindo
ILUSTRASI. Wisatawan mengunjungi kawasan wisata Pantai Batu Bolong di Canggu, Badung, Bali, Senin (7/2/2022). Pemerintah menaikkan status PPKM di wilayah Provinsi Bali


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, ada empat wilayah yang status pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) dinaikkan ke level 3.

Daerah tersebut yakni aglomerasi Jabodetabek, Daerah Istimewa Yogyakarta, Bali, dan Bandung Raya. Namun, kenaikan status tersebut buka lantaran tingginya kasus namun rendahnya tingkat tracing.

"Bali juga naik level 3 salah satunya disebabkan oleh rawat inap meningkat. Hal ini terkait dengan keputusan yang dapat dilihat nanti dengan instruksi Mendagri yang keluar hari ini," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Senin (7/2).

Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Hariyadi Sukamdani mengatakan, tingkat penularan varian Omicron lebih cepat dibanding varian Corona sebelumnya.

Baca Juga: PPKM Level 3 Artinya Apa? Berlaku di Daerah Ini Mulai 8 Februari 2022

Ia mendukung kebijakan pemerintah yang melakukan beberapa penyesuaian aturan level 3 dengan kebijakan pengetatan lebih terarah. Terutama bagi kelompok lansia, komorbid dan belum divaksin.

Hariyadi, meminta masyarakat masyarakat tidak terlalu khawatir dan tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes). Seperti diketahui, sebelumnya Presiden Jokowi menyebut, tingkat penularan varian omicron tinggi namun tingkat fatalitasnya lebih rendah dibanding varian delta.

Hal ini bisa terlihat dari kasus Covid-19 di beberapa negara dimana tingkat keterisian rumah sakit relatif rendah.

“Jadi kita berharap bahwa dengan tindakan-tindakan yang dilakukan pemerintah maupun juga preventif nya dari masyarakat ini bisa cepet bisa diatasi,” ujar Hariyadi saat dihubungi Kontan.co.id, Senin (7/2).

Hariyadi meminta pemerintah, pelaku usaha, masyarakat dan semua pihak terus bekerjasama agar varian Omicron bisa segera diatasi. Hal ini juga agar pelaksanaan event internasional seperti Presidensi G20 tidak terganggu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung Complete Three Statement Modeling

[X]
×