kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45725,83   16,46   2.32%
  • EMAS914.000 0,11%
  • RD.SAHAM 0.55%
  • RD.CAMPURAN 0.20%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Pemerintah pastikan lokasi ibu kota baru bebas banjir


Rabu, 19 Februari 2020 / 14:41 WIB
Pemerintah pastikan lokasi ibu kota baru bebas banjir
ILUSTRASI. Menteri PPN/Bappenas Suharso Monoarfa memberikan sambutan saat peresmian pembukaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrenbangnas) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) 2020-2024 di Istana Negara, Jakarta, Senin (16/12/2019). Pe

Reporter: Abdul Basith | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah memastikan lokasi ibu kota baru bebas dari banjir. Sebelumnya memang terjadi banjir di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Namun, lokasi tersebut dipastikan bukan lokasi ibu kota baru.

"Memang daerah landai air itu kita sudah perhitungkan ada. Tapi nggak persis di tempat itu. Bukan, bukan (ibu kota baru)," ujar Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (PPN/Bappenas) Suharso Monoarfa di Kompleks Istana Kepresidenan, Rabu (19/2).

Baca Juga: Klarifikasi soal PNS pensiun dapat Rp 1 miliar, Tjahjo Kumolo: Salah kutip!

Suharso bilang pembangunan ibu kota baru telah menggunakan rancangan dengan baik. Termasuk melihat gambaran banjir yang pernah terjadi sebelumnya.

"Malah kita punya peta banjir 100 tahunan, banjir 50 tahunan yang sebelum-sebelumnya," terang Suharso.

Sebelumnya berdasarkan laporan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah terjadi banjir di kawasan Penajam Paser Utara, Selasa (18/2). Banjir tersebut menghancurkan jembatan yang biasa digunakan mobil dan motor.

Baca Juga: Calon ibu kota Penajam Paser Utara kebanjiran, 379 jiwa terdampak

Banjir tersebut terjadi di Desa Bukit Subur dan Kelurahan Riko. Pada siaran pers BNPB disampaikan sejak tahun 2010 hingga 2019 terjadi 31 banjir di Penajam Paser Utara.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×