kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah diminta siapkan protokal penyelamatan WNI dari virus corona di China


Senin, 27 Januari 2020 / 08:01 WIB
Pemerintah diminta siapkan protokal penyelamatan WNI dari virus corona di China
ILUSTRASI. Saat ini virus corona telah menyebar secara masif di China hingga menyebabkan 1.975 kasus di seluruh daratan China. REUTERS/Carlos Garcia Rawlins


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Anggota Komisi I DPR Bobby Adhityo Rizaldi meminta pemerintah segera menyiapkan protokol penyelamatan WNI di hina dan Hong Kong.

Sebabnya, saat ini virus corona telah menyebar secara masif di China hingga menyebabkan 1.975 kasus di seluruh daratan China dan tercatat sekitar 56 orang meninggal dunia.

“Melihat situasi saat ini, Kemenlu dan KJRI harus gerak cepat. Siapkan protokol penyelamatan WNI di China dan Hong Kong,” kata Bobby melalui keterangan tertulis, Minggu (26/1).

Baca Juga: Pilu pelajar WNI yang hanya bisa berdiam diri di kamar gara-gara virus corona

Ia menyampaikan, hal ini penting dilakukan agar penyebaran virus itu dapat dicegah dan ditekan. Ia mengatakan, negara lain seperti Amerika Serikat (AS) Bahkan telah menyewa pesawat untuk mengevakuasi diplomat dan warganya dari China.

“Kemenlu maupun KJRI di Hong Kong bisa melakukan langkah yang sama dengan Amerika, termasuk membuat fasilitas karantina sementara di area KBRI dan KJRI mengingat situasi yang sulit diprediksi atas penyebaran virus tersebut,” lanjut dia.

Virus corona Wuhan atau corona virus baru n-CoV 2019 meluas dengan begitu cepat. Tak lama setelah kasus tersebut terkonfirmasi ditemukan di Wuhan, China, beberapa negara lain melaporkan kejadian serupa.

Baca Juga: Pekerja Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di-screening antisipasi virus corona

Virus yang masih satu keluarga dengan virus penyebab flu hingga MERS dan SARS ini bisa menyebabkan kematian.

Melalui unggahan @safetravel.kemlu, salah satu akun resmi milik Kementerian Luar Negeri RI, tanggal 25 Januari 2020, imbauan disampaikan untuk meningkatkan kewaspadaan bagi WNI yang berada atau berencana mengunjungi Hong Kong dan negara-negara yang telah terdampak.

Selain itu, diimbau juga untuk mengikuti perkembangan virus ini, menghindari tempat dan kota asal virus, tidak melakukan kontak fisik dengan orang yang sedang dalam kondisi batuk, demam, atau sesak napas. (Rakhmat Nur Hakim)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Virus Corona Menyebar, Pemerintah Diminta Siapkan Protokol Penyelamatan WNI di China",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×