kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pemerintah cari pinjaman luar negeri untuk tangani corona, ini saran ekonom Indef


Rabu, 29 April 2020 / 19:12 WIB
Pemerintah cari pinjaman luar negeri untuk tangani corona, ini saran ekonom Indef
ILUSTRASI. Membaca Arah Utang Indonesia ; ilustrasi utang luar negeri; hutang luar negeri


Reporter: Rahma Anjaeni | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Saat ini pemerintah sedang menjajaki peluang pinjaman multilateral, untuk mendapat dana tambahan dalam penanganan dampak wabah virus Corona (Covid-19).

Berdasarkan catatan, ada tiga pinjaman asing yang diketahui telah digunakan pemerintah, yaitu dari Bank Dunia (World Bank) untuk pembiayaan APBN 2020 secara umum, serta dari Asian Development Bank (ADB) dan Islamic Development Bank (IsDB) untuk menanggulangi dampak wabah virus Corona.

Baca Juga: Bank besar China hadapi perangkap dividen di saat pandemi corona

Nilai pinjaman dari masing-masing lembaga tersebut adalah, sebesar US$ 300 juta dari Bank Dunia, senilai US$ 1,5 miliar dari ADB, serta senilai US$ 200 juta-US$ 250 juta dari IsDB. Hanya saja, saat ini estimasi dari IsDB tersebut masih dalam tahap negosiasi.

Selain tiga opsi tersebut, kemungkinan ke depannya opsi yang akan digunakan oleh pemerintah dalam mencari sumber pembiayaan adalah memaksimalkan penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) di pasar dalam negeri.

Menanggapi hal ini, Peneliti Institute for Development of Economics and Finance (Indef) Eko Listiyanto mengatakan, pemerintah seharusnya bisa lebih fokus dalam melakukan realokasi anggaran, dibandingkan harus mencari pinjaman atau utang.

"Upaya realokasi anggaran tetap harus lebih prioritas dibanding cari pinjaman atau utang," ujar Eko kepada Kontan.co.id, Rabu (29/4).

Baca Juga: Emiten EBT optimistis opsi pendanaan untuk proyek pembangkit energi hijau melimpah

Eko juga menyoroti mengenai opsi penerbitan SBN di dalam negeri. Menurutnya, penerbitan SBN saat ini sebaiknya dibatasi, apabila pemerintah secara agresif menerbitkan SBN saat ekonomi sedang pesimis seperti saat ini maka imbal hasil yang harus diberikan menjadi mahal.

Selain itu, jika kemudian sebagian besar yang membeli SBN adalah sektor perbankan, maka secara umum sektor riil tidak akan banyak diuntungkan. "Dana hanya berputar di sektor keuangan, tidak tertransmisikan ke sektor riil yang menghasilkan pertumbuhan ekonomi," papar Eko.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×