kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45981,95   -5,95   -0.60%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Partai Buruh: Anies Baswedan Dieliminasi dari Dukungan Bakal Capres 2024


Rabu, 13 September 2023 / 22:08 WIB
Partai Buruh: Anies Baswedan Dieliminasi dari Dukungan Bakal Capres 2024
ILUSTRASI. Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang juga bacawapres Muhaimin Iskandar (kiri) bersama bakal calon presiden Koalisi Perubahan Anies Baswedan (kanan) saat tiba di kantor DPP PKB, Jakarta, Senin (11/9/2023).


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Partai Buruh telah mengeliminasi Anies Baswedan sebagai salah satu sosok yang dinominasikan sebagai bakal calon presiden untuk mereka dukung pada Pilpres 2024. Presiden Partai Buruh, Said Iqbal, menyebutnya sebagai hasil rapat presidium pada Senin (11/9/2023).

"Keputusan rapat presidium kemarin 11 September 2003, nama Anies Baswedan dieliminasi (dari dukungan sebagai bakal capres 2024) berdasarkan organ struktur partai dan organ pendiri partai," ucap Iqbal dalam jumpa pers virtual pada Rabu (13/9/2023).

Baca Juga: BEM UI Sebut Debat Capres Ditunda, Ganjar dan Prabowo Berhalangan Hadir

Iqbal menuturkan, ada dua alasan yang mendasari sikap partai berkelir jingga tersebut.

Pertama, juru bicara tim pemenangan Anies, Sudirman Said, dituding telah "mengobok-obok" Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) yang merupakan organisasi besutan Iqbal serta Serikat Pekerja Nasional (SPN).

Kedua, Partai Buruh menilai bahwa Anies telah ambil bagian dalam pengkhianatan terhadap Partai Demokrat yang semula mendukung pencapresan Anies dan mendadak ditikung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) yang menyorongkan nama Muhaimin Iskandar.

"Kawan-kawan buruh berpendapat, belum jadi presiden saja sudah tidak amanah. Kawan seiring dan sejalan, sejauh berita-berita yang kami dapat, sudah ditusuk dari belakang. Itu belum jadi presiden, apalagi nanti jadi presiden," ujar Iqbal.

Baca Juga: KSPI Minta Kenaikan Upah Minimum Tahun Depan Sebesar 15%

Sebelumnya, Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Partai Buruh menelurkan 4 nama bakal calon presiden untuk dibawa ke konvensi partai, yaitu eks Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, eks Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, jurnalis Najwa Shihab, dan Said Iqbal sendiri. Namun, pada Juli lalu, nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto turut masuk dalam daftar.

Iqbal mengeklaim, munculnya nama Prabowo muncul belakangan hasil aspirasi dari jajaran di daerah. "Dengan demikian kami punya lima calon yaitu Ganjar Pranowo, Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Said Iqbal, dan Najwa Shihab," ujar Iqbal, 31 Juli 2023.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Partai Buruh Eliminasi Anies untuk Didukung pada Pilpres 2024"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×