kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

BEM UI Sebut Debat Capres Ditunda, Ganjar dan Prabowo Berhalangan Hadir


Rabu, 13 September 2023 / 18:02 WIB
BEM UI Sebut Debat Capres Ditunda, Ganjar dan Prabowo Berhalangan Hadir
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo bersama Menhan Prabowo Subianto dan Gubernur Ganjar Pranowo saat meninjau panen raya padi


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Debat terbuka untuk para bakal calon presiden (bacapres) yang rencananya digelar Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Universitas Indonesia (UI) pada Kamis, 14 September 2023 harus ditunda.

Ketua BEM UI Melki Sedek Huang mengatakan, alasan penudaan itu karena dua dari tiga bacapres tidak bisa hadir. Dua bacapres yang dimaksud adalah bacapres dari PDI-Perjuangan Ganjar Pranowo dan bacapres dari Koalisi Indonesia Maju yang juga Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, sedangkan yang bersedia hadir hanya bacapres dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan Anies Baswedan.

Baca Juga: BEM UI Kirim Undangan ke Anies, Ganjar, dan Prabowo untuk Adu Gagasan Bacapres

"Dalam perjalanannya (persiapan acara), kami menemukan bahwa hanya terdapat satu dari tiga bakal calon presiden yang dapat hadir," kata Melki dalam keterangan tertulis, Rabu (13/9/2023).

Alasan Ganjar tak bisa hadir lantaran bacapres PDI-P itu menjalankan ibadah umrah dari 10-16 September 2023 dan menyatakan berhalangan hadir. Di sisi Prabowo disebut berhalangan hadir karena harus menghadiri tugas kenegaraan di luar negeri.

"Hanya Anies saja yang tidak berhalangan untuk hadir. Menyikapi hal tersebut, untuk menjaga netralitas kompetisi politik dan menjaga esensi dari penyelenggaraan kegiatan ini, kami memutuskan untuk menunda kegiatan Adu Gagasan Bacapres 2024," katanya.

Melki menyebut BEM UI membuka ruang komunikasi dengan para bacapres untuk mencari waktu yang tepat agar ketiga bacapres bisa hadir bersama.

"Acara ini kami targetkan utuk digelar selambat-lambatnya pada akhir bulan September 2023, kami segera memberikan informasi lebih lanjut setelah mendapatkan tanggal yang telah disepakati bersama," imbuh dia.

Baca Juga: Ganjar, Anies, dan Prabowo akan Debat di Kampus, KPU: Bukan Pelanggaran Pemilu

Di sisi lain, BEM se-UI juga menyusun beragam kajian dan masalah yang akan dibahas dalam debat terbuka itu. BEM UI juga menyebut akan ada rekomendasi kebijakan yang dipandang strategis untuk digunakan kepada presiden terpilih nanti.

"Oleh karena itu, kami menunggu ketiga bacapres untuk mendengar dan menjawab aspirasi kami demi masa depan bangsa," pungkas Melki.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Debat Terbuka Capres yang Digelar BEM UI Ditunda, Ganjar dan Prabowo Berhalangan Hadir"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×