kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Para kepala daerah terpilih Pilkada 2018 programnya harus sinergi dengan pusat


Rabu, 16 Mei 2018 / 11:27 WIB
Para kepala daerah terpilih Pilkada 2018 programnya harus sinergi dengan pusat
ILUSTRASI. Mendagri Tjahjo Kumolo

Berita Terkait

Reporter: Abdul Basith | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para pemenang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2018 nanti diminta untuk bisa menyinergikan program. Program kepala daerah terpilih nanti diharapkan memperhatikan program strategis nasional.

Hal itu akan membuat program saling beriringan. "Program strategis nasional bisa berjalan seiring dengan program prioritas tingkat provinsi dan tingkat kabupaten/kota," ujar Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat Pembukaan Konsolidasi Penyiapan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2023, Rabu (16/5).

Oleh karena itu perlu adanya konsolidasi penyiapan RPJMD. RPJMD pun perlu melihat karakteristik daerah sehingga dapat mengoptimalisasikan potensi daerah.

Selain itu, perencanaan juga tetap melihat janji politik calon kepala daerah. Namun, program kepala daerah terpilih nantinya perlu dijabarkan secara detil.

Penjabaran tersebut memerlukan kerja Sekretaris Daerah (Sekda). "Program harus dijabarka dengan detail, Sekda harus menjabarkan kemauan kepala daerah terpilih," terang Tjahyo.

Setelah itu program kerja akan dikoordinasikan oleh DPRD. Tjahyo bilang perencanaan penting termasuk anggaran dan memastikan program tersebut berjalan dengan baik.

Asal tahu saja, pada tahun 2018 terdapat 171 daerah yang melaksanakan Pilkada serentak. Oleh karena itu Kementerian Dalam Negeri (Kemdagri) membuat penandatangan komitmen dengan asosiasi pemerintah daerah dan DPRD.






Close [X]
×