kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45994,16   -8,36   -0.83%
  • EMAS1.133.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Otorita IKN Terima 270 LoI, Terbanyak Investor Dalam Negeri


Minggu, 03 September 2023 / 19:31 WIB
Otorita IKN Terima 270 LoI, Terbanyak Investor Dalam Negeri
ILUSTRASI. Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara mencatat sudah ada 270 surat minat atau letters of intent (LoI) terkait investasi di IKN.


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Negara (OIKN) Nusantara mencatat sudah ada 270 surat minat atau letters of intent (LoI) terkait investasi di IKN.

Lebih dari setengah LoI tersebut terdiri dari investor yang berasal dari dalam negeri dan sisanya berasal dari Malaysia, Singapura, Jepang dan Korea.

"Iya sudah masuk dari 270 LoI itu memang Indonesia lebih dari setengah karena kalau bicara IKN ingin menjadi ekonomi dunia yang paling diutamakan memang harus investor Indonesia," jelas Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN Agung Wicaksono dalam konferensi pers ASEAN Investment Forum di Jakarta, Minggu (3/9).

Agung menjelaskan sejauh ini minat investasi terbanyak terkait dengan teknologi karena konsep yang ditawarkan IKN terkait dengan smartcity.

Ia mengatakan, dalam pembangunan IKN, pemerintah mengkategorikan pembangunan terbagi menjadi tiga area yaitu work, live and play.

Baca Juga: Otorita IKN Sebut 34 Ribu Hektar Tanah di IKN Telah Bersertifikat

Area pekerjaan atau work dibangun sepenuhnya oleh pemerintah yang meliputi area fasilitas dasar seperti kantor pemerintahan, jalan dan lainnya. Sementara area tempat tinggal atau live dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU).

Khusus untuk tempat tinggal, Agung menyebut, terdapat dua investor Malaysia yang sudah masuk tahap uji kelayakan untuk ditindaklanjuti.

"Jadi dia sudah mengajukan surat dan sudah dievalusi dan memenuhi syarat kemudian dapat surat untuk diproses. Kalau sudah uji kelayakan dan evaluasi dari pemerintah nanti tinggal tender," imbuh Agung.

Sementara untuk area hiburan atau play hal ini akan sepenuhnya diserahkan kepada pihak swasta untuk dibangun.

"Play ini fasilitas yang sifatnya untuk hiburan seperti area shopping mall, hotel dan pendidikan sama kesehatan," kata Agung.

Baca Juga: Otorita IKN Pastikan Pergantian Presiden Tak Pengaruhi Minat Investor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×