kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45874,39   11,11   1.29%
  • EMAS1.350.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Otorita IKN Dapat Hibah US$ 2,49 Juta dari AS


Jumat, 03 Mei 2024 / 11:26 WIB
Otorita IKN Dapat Hibah US$ 2,49 Juta dari AS
ILUSTRASI. USTDA, menyatakan dukungannya terhadap pembangunan IKN.


Reporter: Vendy Yhulia Susanto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN) menghadiri Business and Investement Roundtable Forum di Los Angeles pada Kamis (2/5).

Forum bisnis tersebut diselenggarakan oleh United States Trade and Development Agency (USTDA). Adapun, USTDA merupakan lembaga independen pemerintah Amerika Serikat untuk memajukan pembangunan ekonomi dan kepentingan komersial Amerika Serikat di negara-negara berkembang.

Enoh T. Ebong, Direktur USTDA, menyatakan dukungan agensinya terhadap pembangunan IKN. Menurutnya, pembangunan IKN adalah pekerjaan yang belum pernah dilihat sebelumnya selama 20 tahun karirnya pada bidang pengembangan infrastruktur. 

Ia menilai, Nusantara dapat melakukannya dengan kerja dan dedikasi yang sangat baik. 

Baca Juga: IKN Bakal Terapkan Sistem Transportasi Cerdas, Apa Itu?

"Untuk itu, kami berterima kasih kepada Professor Ali atas kerja kerasnya sehingga kemitraan ini dapat diwujudkan dengan sangat baik dan kita dapat melakukan penandantangan hibah ini. Hal ini menjadi simbol kerja sama yang kuat di antara kedua pemerintahan,” ujar Ebong dalam keterangan tertulisnya, Jumat (3/5).

Kerja sama antara Indonesia dan AS terus berlanjut dengan penandatanganan perjanjian hibah sebesar US$ 2,49 juta dari pemerintah Amerika melalui USTDA. 

Hibah ini akan digunakan untuk mendanai bantuan teknis terkait usulan penerapan teknologi dan solusi kota cerdas di IKN. 

Otorita IKN dan USTDA juga sedang dalam proses diskusi lanjutan untuk mempersiapkan kerjasama hibah bagi pilot project pembangunan command center tahap kedua.

Deputi Bidang Transformasi Hijau dan Digital Otorita IKN, Mohammed Ali Berawi, menyatakan apresiasinya atas dukungan pemerintah Amerika Serikat dalam membangun IKN sebagai kota cerdas. 

Baca Juga: Lihat Potensi Investasi dan Progres Pembangunan, Delegasi Eropa Kunjungi IKN

Menurut Ali, pembangunan IKN merupakan kesempatan langka dalam melakukan pemindahan ibu kota di dunia. 

Otorita IKN mengundang kolaborasi internasional untuk menjadi bagian dalam pembangunan kota global yang modern dan berkelanjutan.

"Kami menghargai dukungan hibah USTDA untuk memfasilitasi kolaborasi antara kedua negara di IKN," kata Ali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×