kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,43   -4,59   -0.51%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Otorita IKN Jelaskan Alasan Investor Asing Belum Masuk ke IKN


Senin, 20 November 2023 / 13:55 WIB
Otorita IKN Jelaskan Alasan Investor Asing Belum Masuk ke IKN
ILUSTRASI. Otorita IKN menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan investor asing hingga saat ini belum masuk ke IKN


Reporter: Lailatul Anisah | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Otorita Ibu kota Nusantara (OIKN) menanggapi pernyataan Presiden Joko Widodo yang mengatakan investor asing hingga saat ini belum masuk ke IKN. 

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita IKN, Agung Wicaksono mengatakan yang dimaksud belum masuknya investor asing adalah yang masuk secara mandiri dan sudah sampai tahap final. 

Agung menegaskan bahwa sebenarnya sudah banyak investor asing yang merealisasikan investasinya ke IKN, namun memang masih dalam bentuk bermitra dengan investor domestik. 

Pihaknya mencontohkan kerja sama investor asing dengan pengusaha lokal di antaranya seperti PSSI yang bermitra dengan FIFA sebagai investor asing, kemudian PLN yang bermitra dengan perusahaan Singapura dan RS Mayapada yang bermitra dengan investor India dan Jakarta International School (JIS) yang bermitra dengan AS. 

Baca Juga: Presiden Jokowi: Belum Ada Investasi Asing Masuk ke IKN

"Jadi nyata investor asing masuk namun dibarengi dengan investor domestik dan ini sejalan dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) investor asing yang masuk harus bermitra dengan investor domestik," kata Agung dalam konferensi pers daring, Senin (20/11). 

Pun ia melaporkan, IKN saat ini menerima 305 Surat Pernyataan Minat (LOI) di mana, 133 di antaranya merupakan investor asing. 

Namun demikian, Agung menegaskan untuk mencapai realisasi investasi memerlukan beberapa tahapan. Sehingga menurutnya seluruh LoI dari investor asing memang masih banyak yang berproses. 

"Minat investor asing sangat tinggi, tapi memang investor domestik lebih sat-set dalam proses evaluasi sampai kesepakatan karena juga difasilitasi oleh Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia," jelas Agung. 

Baca Juga: Otorita IKN Teken MoU dengan Kampus dan 4 Perusahaan Teknologi di AS

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyebut, belum ada investasi dari asing yang masuk ke proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). 

Ia menjelaskan, sampai saat ini baru investor dalam negeri yang masuk ke dalam pembangunan IKN. Hal tersebut terlihat dalam groundbreaking yang setiap bulan terjadi. 

Setelah investor dalam negeri masuk, Jokowi mengatakan barulah para investor asing yang akan masuk. 

"Sampai saat ini [investasi asing] belum ada. Tapi saya yakin bahwa setelah investor di dalam negeri bergerak, semakin banyak setiap bulannya, investor dari luar akan segera masuk. Kita lihat aja nanti pasti akan masuk," ungkap Jokowi. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×