kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Nama-nama calon menteri yang diduga bakal dilantik Jokowi hari ini


Rabu, 23 Oktober 2019 / 07:48 WIB

Nama-nama calon menteri yang diduga bakal dilantik Jokowi hari ini
ILUSTRASI. Indonesian President Joko Widodo and his Vice President Maruf Amin talk to journalists, following their inauguration and a swearing-in ceremony, at the House of Representatives building in Jakarta, Indonesia, October 20, 2019. REUTERS/Willy Kurniawan


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo akan melantik para menteri yang tergabung dalam kabinet kerja jilid 2, Rabu (23/10/2019) pagi. Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, sebelum pelantikan, Presiden Jokowi akan lebih dulu memperkenalkan menterinya ke publik.

"Besok (hari ini) perkenalan jam 08.00 WIB. Pelantikan jam 10.00 WIB," kata Heru saat dikonfirmasi, Selasa kemarin.

Namun, berdasarkan agenda acara harian presiden yang diterima Kompas.com pagi ini menyatakan perkenalan calon menteri dilaksanakan pukul 8.30 WIB dan pelantikan pada pukul 10.30 WIB.

Baca Juga: DPR setujui surat pemberhentian Tito Karnavian dari jabatan Kapolri

Presiden Jokowi sendiri sudah memanggil para calon menterinya ke Istana sejak Senin (21/10/2019), sehari setelah ia dan Ma'ruf Amin dilantik sebagai Presiden-Wakil Presiden RI 2019-2024.

Mereka kompak mengenakan kemeja putih lengan panjang saat mendatangi istana.Sebagian besar calon menteri yang dipanggil belum mau menyebutkan posisinya di kabinet Jokowi-Ma'ruf. Namun ada juga yang langsung blak-blakan.

Berikut nama-nama calon menteri yang dipanggil Jokowi serta perkiraan posisinya di kabinet:

1. Mahfud MD

Mahfud MD menjadi tokoh pertama yang datang ke Istana. Mantan Ketua Mahkamah Konstitusi itu mengaku ditunjuk menjadi menjadi menteri oleh Jokowi. Namun, Mahfud tidak diberi tahu akan menjadi menteri apa. Dia hanya mengatakan berdiskusi dengan Presiden Jokowi terkait masalah hukum, HAM sampai pemberantasan korupsi dan deradikalisasi.

Baca Juga: Prabowo calon menteri, peneliti LIPI: Itu bertentangan dengan rasionalitas demokrasi

2. Nadiem Makarim

Usai bertemu Jokowi, Pendiri Go-Jek Nadiem Makarim menyatakan kesediaannya menjadi menteri. Nadiem belum mau menyebut dia ditunjuk sebagai menteri apa. Namun, ia mengaku diajak berdiskusi mengenai visi presiden seperti pengembangan SDM, reformasi birokrasi, serta peningkatan investasi.

3. Wishnutama

Pendiri dan Bos Net TV Wishnutama juga mengakui diminta membantu Jokowi dalam kabinet. Dia memberi bocoran bahwa tugasnya akan berkisar pada meningkatkan kreativitas di Indonesia serta meningkatkan laju devisa.

4. Erick Thohir

Ketua Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma'ruf pada pilpres 2019 ini juga diminta menjadi menteri oleh Jokowi. Menurut Erick yang juga pengusaha ini, ia akan lebih banyak mengurus ekonomi. Bos Mahaka Group ini bicara soal perang dagang, hingga mewujudkan visi Indonesia menjadi negara maju pada 2045.

Baca Juga: Puluhan simpul relawan Gerindra kecewa akan keputusan Prabowo, tapi....

5. Tito Karnavian

Beda dengan tokoh lain, Tito Karnavian datang ke Istana dengan mengenakan seragam dinas. Saat ditanya terkait kedatangannya, Tito menduga untuk membicarakan masalah keamanan. Usai pertemuan, Tito tak keluar lewat pintu tempat awak media menunggu. Kendati demikian, sehari setelah pertemuan, Tito diberhentikan dari Kapolri.

6. Airlangga Hartarto

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto yang juga eks Menteri Perindustrian kembali ditunjuk Jokowi sebagai menteri. Usai bertemu Jokowi, ia bicara mengenai solusi mengatasi defisit neraca perdagangan, mulai dari pengembangan kawasan ekonomi hingga produksi migas.

7. Pratikno

Eks Menteri Sekretaris Negara pada kabinet kerja 2019-2024 Pratikno turut hadir ke Istana untuk bertemu Jokowi. Beda dengan tokoh lain yang datang sendiri, Pratikno ditemani stafnya Nico Harjanto dan Komisaris Utama PT Adhi Karya Fadjroel Rachman. Namun usai bertemu Jokowi, Pratikno meninggalkan istana lewat pintu samping, bukan pintu tempat awak media menunggu.

Baca Juga: Dipimpin duet Co-CEO usai ditinggal Nadiem Makarim, Gojek bisa apa?

8. Prabowo Subianto

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menyusul ke Istana. Rival Jokowi di pilpres 2014 dan 2019 lalu ini didampingi oleh Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Edhy Prabowo. Usai pertemuan, Prabowo mengakui ia diminta untuk masuk ke kabinet Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Meski tak menyebut spesifik pos menteri yang akan ia emban, namun Prabowo menyebut ia akan membantu kabinet Jokowi-Ma'ruf di bidang pertahanan.

9. Edhy Prabowo

Waketum Gerindra Edhy Prabowo yang datang ke Istana bersama Prabowo juga dipastikan menjadi menteri. Namun, ia belum mengumumkan pos menteri yang dimaksud.

10. Sri Mulyani

Eks Menteri Keuangan Sri Mulyani menjadi tokoh pertama yang datang ke Istana pada hari Selasa kemarin. Usai bertemu Jokowi, Sri Mulyani secara tegas menyatakan ia ditunjuk kembali untuk menjabat sebagai menteri keuangan. Ia mengaku sudah mendapat izin Jokowi sebelum mengumumkan itu ke awak media.

11. Agus Gumiwang

Eks Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita diminta Jokowi kembali mengisi kabinet Jilid II. Usai bertemu Jokowi, politisi Golkar ini mengaku ditugaskan Jokowi untuk melakukan transformasi manufaktur. Selain itu ia juga diminta mengingatkan industri kecil.

Baca Juga: Kabinet Banyak Berisi Profesional, IHSG Hari Ini Menguat Ke 6.225,49


Sumber : Kompas.com
Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Video Pilihan


Close [X]
×