kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mundur dari Kabinet, Mahfud MD: Saya Mohon Maaf kepada Presiden Jokowi


Kamis, 01 Februari 2024 / 17:50 WIB
Mundur dari Kabinet, Mahfud MD: Saya Mohon Maaf kepada Presiden Jokowi
ILUSTRASI. Calon wakil presiden nomor urut 3 Mahfud MD berpidato saat acara Rembug Rakyat di Desa Kutoarjo, Gedongtataan, Pesawaran, Lampung, Kamis (25/1/2024). Dalam kampanye terbuka Mahfud MD yang diikuti ribuan simpatisan tersebut berjanji akan meningkatkan taraf hidup petani, nelayan, buruh dan para guru di Indonesia. ANTARA FOTO/Ardiansyah/rwa.


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyampaikan permintaan maaf kepada Presiden Joko Widodo.

Permintaan maaf tersebut disampaikan Mahfud ketika memberikan surat pengunduran diri kepada Jokowi yang didampingi Menteri Sekretariat Negara Pratikno di Istana Negara, Jakarta, Kamis (1/2/2024).

Baca Juga: Mahfud MD Mundur, AHY Berpeluang Masuk Kabinet Jokowi

"Saya mohon maaf kepada Beliau kalau memang ada masalah-masalah yang kurang saya laksanakan dengan baik," kata Mahfud usai bertemu Jokowi di Istana Negara.

Mahfud mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Jokowi berlangsung kurang lebih selama 10 menit. Tak ada ketegangan dalam pertemuan singkat ini.

Mahfud bahkan menyebut pertemuannya dengan Jokowi sore ini penuh dengan kegembiraan. Tak sedikit pula keduanya saling bercerita ketika roda Kabinet Indonesia Maju baru berjalan.

Calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 itu memastikan pertemuan singkat ini lebih berbicara dari hati ke hati.

Baca Juga: Sore Nanti, Mahfud Sampaikan Surat Pengunduran Diri ke Jokowi

"Alhamdulillah Bapak Presiden sama dengan saya, kita bicara dari hati ke hati, penuh dengan kekeluargaan, sama-sama tersenyum, tidak ada ketegangan apa pun, kita tersenyum, bergembira, bercerita masa lalu, ketika kita mulai bekerja," ungkap Mahfud.

Diketahui, wacana mundurnya Mahfud dari kabinet sudah muncul sejak beberapa pekan terakhir. Pada Rabu (31/1/2024), Mahfud secara terbuka telah menyiapkan surat pengunduran diri yang akan diberikan kepada Jokowi.

Pengunduran diri Mahfud tak lain karena dirinya maju sebagai calon wakil presiden (cawapres) nomor urut 3 pendamping Ganjar Pranowo yang diusung PDI Perjuangan (PDI-P). Keputusan Mahfud menanggalkan posisinya sebagai Menko Polhukam pun mendapat apresiasi.

Baca Juga: Jokowi: Kabinet Indonesia Maju Tetap Solid Hingga Saat Ini

Mantan Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Erry Rijana Hardjapamekas menyebut mundurnya Mahfud menjadi teladan nyata seorang pemimpin yang mampu mengendalikan syahwat kekuasaan.

"Ketika aturan membolehkan pun, ia tidak memanfaatkan apalagi menikmati, karena mengutamakan nilai kepatutan," ujar Erry Rijana, dikutip dari siaran pers, Rabu (31/1/2024).

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi Mundur, Mahfud Sampaikan Permintaan Maaf ke Jokowi"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×