kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.528.000   8.000   0,53%
  • USD/IDR 16.240   -40,00   -0,25%
  • IDX 7.037   -29,18   -0,41%
  • KOMPAS100 1.050   -5,14   -0,49%
  • LQ45 825   -5,35   -0,64%
  • ISSI 214   -0,85   -0,40%
  • IDX30 423   -1,15   -0,27%
  • IDXHIDIV20 514   0,87   0,17%
  • IDX80 120   -0,69   -0,57%
  • IDXV30 125   1,36   1,09%
  • IDXQ30 142   0,26   0,18%

Mudahkan pengiriman, Jonan ingin Cilamaya dibangun


Kamis, 27 November 2014 / 10:32 WIB
Mudahkan pengiriman, Jonan ingin Cilamaya dibangun
ILUSTRASI. Sejak sekitar 40 tahun lalu PT Elnusa Tbk (ELNUSA) telah berkiprah dalam mendukung kinerja operasi hulu migas di Wilayah Kerja (WK) Mahakam.


Sumber: Kompas.com | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan menginginkan Pelabuhan Cilamaya, Karawang, Jawa Barat, tetap dibangun untuk memudahkan pengiriman barang ke kawasan industri yang sebagian besar di daerah tersebut.

Jonan dalam diskusi dengan wartawan di Kementerian Perhubungan di Jakarta, Rabu (26/11), mengemukakan jika proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya tidak dibangun, bukan hanya semakin mendongkrak biaya logistik, melainkan juga menyumbang kemacetan Jakarta semakin padat.

"Cilamaya ini 70 kilometer di timur Jakarta yang didesain untuk melayani industri yang ada di Karawang. Kalau tidak dibangun, harus dikirim ke Jakarta dulu, akan seperti apa Jakarta nanti," katanya.

Dia mengatakan, jika pembangunan Pelabuhan Cilamaya ditangguhkan maka berlawanan dengan program utama Kabinet Kerja, yakni menurunkan biaya logistik yang berdampak pada kemakmuran bangsa.

Saat ini, kata Jonan, biaya logistik di Indonesia masih sekitar 20 persen, sedangkan di negara-negara maju hanya sekitar delapan hingga sembilan persen. "Kita turunkan perlahan, kalau tidak turun kemakmuran masyarakat akan terbelakang," katanya.

Namun, dia mengaku belum mengetahui kelanjutan proyek tersebut karena masih dibahas di Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas) dan diketahui setelah Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN). "Lanjut atau tidak, saya tidak tahu," katanya.

Pembangunan pelabuhan baru Cilamaya dilakukan dalam dua tahap, yakni tahap pertama pembangunan terminal peti kemas dengan kapasitas 3,75 juta TEUs, terminal mobil dengan kapasitas 1.030.000 CBU, dermaga kapal negara, dermaga untuk bahan bakar, terminal Ro-Ro, dan alur pelayaran dengan kedalaman -17 M Lws.

Tahap kedua lanjutan pembangunan peti kemas dengan kapasitas 3,75 juta TEUs dengan total biaya Rp 10,6 triliun.

Pemerintah menargetkan konstruksi tahap pertama Cilamaya senilai Rp 23,9 triliun bisa dimulai 2016 dan rampung 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×