kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Konsolidasi Aset BUMN di Sekitar Kawasan Monas


Jumat, 26 Mei 2023 / 15:54 WIB
Menteri BUMN Erick Thohir Dorong Konsolidasi Aset BUMN di Sekitar Kawasan Monas
ILUSTRASI. Erick Thohir Ingin Konsolidasikan Aset-aset BUMN di Sekitar Kawasan Monas


Sumber: Kompas.com | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir ingin aset-aset perusahaan pelat merah yang ada di sekitar kawasan Monumen Nasional (Monas) dikonsolidasikan oleh Holding Danareksa, holding spesialis transformasi BUMN.

Nantinya, aset-aset tersebut akan dikonsolidasikan di bawah payung dana properti (property fund), investasi yang bergerak pada properti komersial, seperti perkantoran dan ritel.

"Saya bicara sama Danareksa untuk mendorong konsolidasi aset-aset BUMN yang ada di sekitar Monas ini menjadi sebuah payung properti fund, di mana kita akan buat aset-aset di kawasan ini nilainya ditingkatkan," ujar Erick Thohir saat meresmikan Menara Danareksa, Jakarta, Jumat (26/5/2023).

Baca Juga: Soal Rencana Merger BUMN Karya, Ini Bocoran Erick Thohir

Ia menuturkan, aset yang memungkinakan dikonsolidasikan di antaranya ada gedung PT Pertamina (Persero), Menara Danareksa, gedung Kementerian BUMN, serta aset BUMN lainnya. Termasuk pula menara kembar kantor pusat BSI yang saat ini dalam proses pembangunan.

Menurutnya, konsolidasi gedung-gedung tersebut sejalan dengan rencana besar Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta yang akan menata kawasan Monas menjadi pusat kota (city center) yang lebih hijau. Penghijauan Monas itu, sama halnya seperti yang sudah dilakukan pada kawasan Gelora Bung Karno (GBK).

"Artinya, ada city center baru di sini. Memang, terlepas ada IKN, Jakarta pun harus terus dibenahi dan ini area yang akan menjadi sangat eksklusif, seperti kalau kita komparasi yang ada di New York dan London, itu ada taman kota yang besar, ya disinilah (kawasan Monas) nanti," papar Erick.

Ia berharap, aset-aset BUMN di sekitaran Monas bisa benar-benar dimanfaatkan dengan optimal sebab merupakan aset yang premium. Menurut Erick, saat ini Danareksa tengah mencari skema yang tepat untuk mengonsolidasikan aset-aset BUMN.

Baca Juga: Dividen BUMN Semakin Vital, Tak Cuma untuk Pemerintah, Tapi Juga Bagi Investor Publik

"Konsolidasi di BUMN ini benar-benar sedang kami pertimbangkan, terutama aset-aser yang ada di sekitar Monas. Mungkin 2-3 bulan nanti akan ada announcement (pengumuman) dari Danareksa terkait hal ini," tutup dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Erick Thohir Ingin Konsolidasikan Aset-aset BUMN di Sekitar Kawasan Monas"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×