kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45764,61   -6,06   -0.79%
  • EMAS887.000 -1,88%
  • RD.SAHAM 0.90%
  • RD.CAMPURAN 0.65%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.47%

Mentan beri nama Jan Ethes untuk varietas baru buah anggur


Sabtu, 16 November 2019 / 17:45 WIB
Mentan beri nama Jan Ethes untuk varietas baru buah anggur
ILUSTRASI. Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo memberikan sambutan saat malam ramah tamah Hari Pangan Sedunia ke-39 di Rujab Gubernur Sulawesi Tenggara, Kendari, Sulawesi Tenggara, Jumat (1/11/2019). Menteri Pertanian berharap di Hari Pangan Sedunia yang setiap ta

Sumber: Kompas.com | Editor: Yoyok

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo menamakan varietas anggur baru hasil inovasi Badan Litbang Pertanian, Kementerian Pertanian dengan nama “Jan Ethes SP1”.

Alasan pemberian nama buah tersebut tidak hanya dikaitkan dengan cucu pertama Presiden Joko Widodo saja. Namun, ada makna lain dari nama Jan Ethes tersebut. 

Baca Juga: Plafon KUR bertambah, Mentan harap penyaluran KUR sektor pertanian terkerek

Menurutnya, bila diartikan dalam bahasa Indonesia nama tersebut menyimpan makna yang sangat cocok dengan varietas unggul yang tengah dikembangkan Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro), Badan Litbang Pertanian tersebut. 

“Saya suka nama itu, dalam bahasa Jawa artinya sangat bagus, Jan berarti sangat, Ethes berarti cekatan, pas sekali, ini varietas unggul, ke depannya varietas ini akan terus dikembangkan, harapannya anggur jenis ini akan meningkatkan produksi anggur dalam negeri, dan menjadi produk buah unggulan baru kita," katanya dalam keterangan tertulisnya, Pasuruan, Jawa Timur, Jumat (15/11). 

Baca Juga: Perkuat ketahanan pangan, Mentan bersinergi dengan Mendag

Seusai mencicipi Anggur dengan hasil varietas baru tersebut, nama Jan Ethes dirasa Syahrul sangat pas dengan karakteristik dari buah hasil varietas unggul tersebut. Karena tekstur dan rasanya begitu berbeda dan sesuai dengan karakteristik Jan Ethes. 

“Pas sekali, sama seperti Jan Ethes, cucu pertama Presiden Jokowi, melihatnya saja kita dibikin tersenyum dan bahagia, anggur Jan Ethes ini pun begitu, begitu dicicipi rasa manisnya bikin kita tersenyum dan bahagia," ujarnya. 

Bahkan, buah dari varietas anggur ini cenderung tidak mudah rontok, sehingga dapat disimpan selama tujuh hari setelah panen pada suhu ruang, dan pada ruang pendingin dapat bertahan hingga 14 hari. 

Baca Juga: Kemenkop UKM beberkan tiga jurus gairahkan UMKM dan Koperasi

Keunggulan lainnya juga terletak pada produktivitasnya yang tiap tahun mencapai hingga 25 kilogram per ton. Anggur jenis ini diharapkan dapat memenuhi kebutuhan anggur konsumsi dengan kualitas yang dapat bersaing dengan anggur impor. 

Seperti diketahui, nama buah tersebut diberikan Syahrul pada saat acara Pencanangan Gerakan Nasional Pengembangan Mangga dan Anggur sebagai rangkaian acara Pekan Inovasi Mangga Nasional di Kebun Instalasi Penelitian Pengembangan Teknologi Pertanian Cukurgondang, Pasuruan yang berlangsung hari ini, Jumat (15/11). (Ade Miranti Karunia)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Jan Ethes" Dijadikan Nama Varietas Baru Buah Anggur"

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×