kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45928,35   -6,99   -0.75%
  • EMAS1.321.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

MenkoPolhukam Hadi Tjahjanto Mengaku akan Selesaikan Kasus BLBI


Rabu, 21 Februari 2024 / 20:49 WIB
MenkoPolhukam Hadi Tjahjanto Mengaku akan Selesaikan Kasus BLBI
ILUSTRASI. Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Hadi Tjahjanto bersiap menandatangani berkas pelantikan Menko Polhukam di Istana Negara, Jakarta, Rabu (21/2/2024). Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menko Polhukam sisa masa jabatan periode tahun 2019-2024, menggantikan Mahfud MD yang mengundurkan diri karena menjadi cawapres pada Pemilu 2024. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Hadi Tjahjanto mengaku akan menyelesaikan kasus Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) setelah dilantik menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam).

Kemenko Polhukam bersama Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan lembaga terkait lain selama ini menangani kasus bantuan likuiditas yang digulirkan tahun 1998 tersebut melalui pembentukan Satuan Tugas (Satgas).

Baca Juga: Resmi, Jokowi Melantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD

Mantan Panglima TNI itu akan segera berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait.

"Saya akan koordinasi segera, setelah itu saya akan turun ke lapangan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di BLBI," kata Hadi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (21/2/2024).

Ia menuturkan, skema penyelesaian masalah sudah dibuat dan segera dikoordinasikan.

Sebab, bagaimanapun, BLBI juga menyangkut hak atas tanah ketika para obligor tidak bisa membayar kembali dana yang digulirkan Bank Indonesia dengan penjamin pemerintah kala itu.

Baca Juga: Masa Kerja Satgas BLBI Diperpanjang

"Permasalahan itu juga menyangkut permasalahan tanah yang selama ini saya bantu sebagai Menteri ATR, membantu untuk menyelesaikan permasalahan BLBI," tutur Hadi.

Di sisi lain, Hadi berjanji akan menjaga kondusivitas pasca pesta demokrasi dan pemungutan suara 14 Februari 2024.

Menurut Hadi, menjaga persatuan dan kesatuan itu adalah tugas seluruh komponen yang satu sama lain harus saling mendukung.

"Saya segera melaksanakan konsolidasi dengan lembaga kementerian terkait untuk tetap menjaga kondisi yang saat ini sangat baik, sangat kondusif ini agar terus dipertahankan. Ini adalah bagian dari tugas seluruh komponen. TNI dan Polri jadi garda terdepan dalam menjaga keutuhan NKRI," kata dia.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Dilantik Jadi Menko Polhukam, Hadi Tjahjanto Bakal Selesaikan Kasus BLBI"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×