kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45963,73   -4,04   -0.42%
  • EMAS1.310.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Resmi, Jokowi Melantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD


Rabu, 21 Februari 2024 / 11:25 WIB
Resmi, Jokowi Melantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo melantik Hadi Tjahjanto menjadi Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) menggantikan Mahfud MD. 

Diketahui, Mahfud MD sebelumnya menyatakan mundur dari kabinet karena mengikuti kontestasi Pilpres 2024 sebagai calon wakil presiden. Adapun Hadi sebelumnya menjabat sebagai Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN. 

Jokowi melantik dua menteri berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 34/P Tahun 2024 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan Menteri Negara Kabinet Indonesia Maju Tahun 2019-2024 yang dibacakan oleh Deputi Bidang Administrasi Aparatur Kementerian Sekretariat Negara Nanik Purwanti. 

Baca Juga: Hadi Tjahjanto Dikabarkan Akan Dilantik Jadi Menkopolhukam, AHY Jadi Menteri ATR

Usai Keppres dibacakan, Kepala Negara memimpin pembacaan sumpah jabatan yang diikuti oleh Hadi Tjahjanto dan Agus Harimurti Yudhoyono, yang juga dilantik menjadi Menteri ATR/BPN. 
"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-perundangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," kata Hadi di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (21/2). 

"Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, bekerja dengan sebaik baiknya dengan penuh rasa tangung jawab," imbuh mantan Panglima TNI tersebut.

Tercatat, ada sejumlah penjabat dan menteri yang hadir dalam pelantikan, mereka adalah Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie Setiadi, Jaksa Agung ST Burhanuddin, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, dan Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) 2019-2024 Wiranto. 

Kemudian, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, Panglima TNI Agus Subiyanto, Plt Menko Polhukam sekaligus Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, Menteri Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, hingga Wakil Presiden Ma'ruf Amin. 

Sebagai informasi, isu Hadi diangkat menjadi Menko Polhukam santer terdengar sejak kemarin. Selain Hadi, Agus Harimurti Yudhoyono juga diangkat menjadi Menteri. 

Agus Harimurti Yudhoyono/AHY dilantik menjadi Menteri ATR/Kepala BPN menggantikan Hadi. 

Baca Juga: Menteri Agraria dan Tata Ruang Bagikan Sertifikat Tanah Gratis di Lombok Timur

Sebelumnya, pelantikan dua orang menteri juga telah dikonfirmasi oleh Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. Ari mengungkapkan, pelantikan itu terjadwal pukul 11.00 WIB. 

"Rabu besok, 21 Februari 2024, pukul 11.00 WIB, diagendakan pelantikan Menko Polhukam dan Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala BPN oleh Presiden di Istana Negara," kata Ari kepada wartawan, Selasa.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Jokowi Resmi Lantik Hadi Tjahjanto Jadi Menko Polhukam Gantikan Mahfud MD"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×