kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menko Luhut prediksi pandemi membaik dalam lima hari mendatang, ini syaratnya


Selasa, 13 Juli 2021 / 08:09 WIB
Menko Luhut prediksi pandemi membaik dalam lima hari mendatang, ini syaratnya
ILUSTRASI. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan.


Sumber: Kompas.com | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan memprediksi kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia bisa membaik dalam empat hingga lima hari mendatang. 

Namun, hal itu bisa dicapai jika semua poin penanganan penularan Covid-19 berjalan maksimal. 

"Saya pikir dengan pelaksanaan vaksinasi, kemudian PPKM jalan secara bersamaan, obat dan oksigen, kemudian tempat tidur, saya melihat dalam empat-lima hari ke depan kita situasinya akan membaik," kata dia dalam konferensi pers virtual pada Senin (12/7). 

Luhut melanjutkan, kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia saat ini bisa dikendalikan. Luhut pun menampik berbagai anggapan yang menyebutkan kondisi pandemi di Tanah Air tidak terkendali. 

"Jadi kalau ada yang berbicara bahwa tidak terkendali keadaannya, sangat-sangat terkendali. Jadi yang bicara tidak terkendali itu bisa datang ke saya. Nanti saya tunjukkan ke mukanya bahwa kita terkendali," tegasnya. 

Baca Juga: Kasus Covid-19 melonjak, ini skenario PPKM Darurat yang disiapkan pemerintah

Meski demikian, Luhut mengakui selama menangani pandemi pemerintah menghadapi berbagai kendala. Namun, pemerintah berusaha memperbaiki semua kendala tersebut. 

"Bahwa kita punya masalah, saya berkali-kali sampaikan, yes kita punya banyak masalah. Dan masalah kita perbaiki dengan tertib karena tim bekerja sangat kompak. Presiden memberikan direction yang sangat jelas, dan Presiden, saya katakan, in charge di semua ini," katanya. 

"Dan kami sebagai pelaksananya tidak ada masalah. Semua kami putuskan secara terintegrasi. Semua kami putuskan secara terintegrasi," lanjut Luhut. 

Dalam kesempatan yang sama, dia juga mengungkapkan selama tujuh hari pelaksanaan PPKM Darurat mobilitas masyarakat di Jawa-Bali mengalami penurunan 10%-15%. Pemerintah sendiri menargetkan penurunan mobilitas bisa mencapai 20% atau lebih selama PPKM darurat. 

"Hasil yang kami dapat selama periode 3-10 Juli seluruh provinsi Jawa-Bali sudah menunjukkan penurunan mobilitas dan penurunan aktivitas masyarakat 10%-15% dari target kita 20% atau lebih," ujar Luhut. 

Hasil tersebut dipantau dari indikator mobilitas dan kegiatan aktivitas masyarakat menggunakan Google Traffic, Facebook Mobility serta indeks cahaya malam. Luhut berharap ke depannya mobilitas kegiatan masyarakat semakin turun sesuai dengan harapan pemerintah. 

"Mungkin dengan sekarang kita kelihatan betul-betul kalau bisa kasus ini jangan lebih dari 30 ribuan tapi dari 3 hari terakhir sudah berkisar diantara 33 ribu, 34 ribu dan 38 ribu bisa mundur lagi dan seterusnya," tuturnya. 

"Tapi tingkat kesembuhan meningkat banyak jadi kami berharap minggu depan sudah mulai. Mungkin kalau semua berjalan kita disiplin akan mulai flattening atau mulai merata dan kita harap nanti cenderung akan terkendali," tambah Luhut. 

Baca Juga: Data Corona Indonesia, Senin (12/7): Melonjak lagi, tambah 40.427 kasus positif

Sementara itu, pada Senin (12/7) sore, pemerintah melaporkan penambahan 40.427 kasus Covid-19 di Indonesia dalam 24 jam terakhir. Angka tersebut merupakan penambahan kasus harian tertinggi sejak kasus Covid-19 pertama kali terkonfirmasi pada 2 Maret 2020. 

Ini juga merupakan untuk kali pertama penambahan pasien dalam sehari mencapai lebih dari 40.000 kasus. 

Dengan penambahan tersebut, hingga kemarin, tercatat ada 2.567.630 kasus Covid-19 di Tanah Air. 

Catatan Kompas.com, rekor penambahan kasus harian tertinggi sebelumnya terjadi pada Kamis (8/7) yaitu sebanyak 38.391 kasus. Dalam data yang sama juga menunjukkan penambahan 891 kasus kematian akibat Covid-19. (Dian Erika Nugraheny)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Luhut Prediksi Situasi Pandemi Bisa Membaik dalam 5 Hari Mendatang, Ini Syaratnya ".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×