kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menkeu baru ditunjuk sebelum 22 Mei


Selasa, 02 April 2013 / 19:43 WIB
Menkeu baru ditunjuk sebelum 22 Mei
ILUSTRASI. Mengenal sindrom Imposter yang kerap kali melanda wanita karir


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Djumyati P.

JAKARTA. Teka-teki soal siapa yang akan menjadi menteri keuangan yang baru masih bergulir. Pihak Istana Kepresidenan masih menutup rapat-rapat soal informasi calon kuat yang akan menjadi bos di lapangan banteng tersebut. Meskipun sejumlah nama sudah disebut-sebut, tapi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan para pembantunya, masih merahasiakan rapat-rapat pengganti Agus Martowardojo ini.

Menteri Sekretaris Negara Sudi Silalahi juga memilih untuk tutup mulut soal calon menkeu baru. Sudi cuma mengatakan calon menkeu baru pastilah orang yang memenuhi syarat untuk jabatan bergengsi tersebut. Meskipun demikian, ia memastikan bahwa sebelum Agus  melenggang menjadi Gubernur Bank Indonesia (BI), Presiden SBY sudah akan menunjuk menkeu baru. 

"Sebelum Agus berfungsi (jadi gubernur BI), sudah ada gantinya sebagai menkeu, jadi sebelum 22 Mei," ujar Sudi di Kantor Presiden, Selasa (2/4). Ketika di desak apakah calon menkeu dari profesional atau partai, Sudi hanya tertawa sambil berlalu. 

Berdasarkan isu yang beredar, terdapat lima nama yang bersaing menjadi menkeu. Mereka adalah Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, Gubernur BI Darmin Nasution, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati, Direktur Jenderal Pajak Kementerian Keuangan Fuad Rahmany, dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Chatib Basri.

Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha jgua mengatakan calon menkeu baru sedang dipertimbangkan presiden. Namun ia enggan berspekulasi tentang siap calon-calon kuat yang sedang dipertimbangkan SBY sebelum mengumumkan menkeu pengganti Agus Marto. Namun, Julian memastikan, siapa pun yang dipilih menjadi Menkeu pastilah orang yang kompeten di bidang keuangan dan memenuhi syarat sebagai menkeu.

Julian juga memastikan bahwa tidak akan terjadi guncangan di Kementerian Keuangan pasca hengkangnya Agus ke BI. Soalnya, menurut Julian, Kementerian Keuangan sebagai lembaga sudah memiliki sistem  yang kuat dalam menjalankan perannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×