kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45921,46   1,15   0.12%
  • EMAS1.343.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ma'ruf Amin Ajak Arab Saudi Investasi di IKN


Selasa, 28 Februari 2023 / 04:26 WIB
Ma'ruf Amin Ajak Arab Saudi Investasi di IKN
ILUSTRASI. Menurut Wapres Ma'ruf Amin, dalam tiga tahun belakangan, investasi Arab Saudi di Indonesia cenderung mengalami penurunan. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam tiga tahun belakangan, investasi Arab Saudi di Indonesia cenderung mengalami penurunan. Terkait hal ini, Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berharap Arab Saudi dapat semakin meningkatkan investasi ke Indonesia. 

Melansir laman infopublik.id, pada 2020, investasi Arab Saudi ke Indonesia tercatat sebesar US$ 5,3 juta. Angka ini turun tajam pada 2022 yang hanya mencapai US$ 1,7 juta. 

“Saya harap kita bisa lakukan upaya-upaya untuk meningkatkan investasi Saudi di Indonesia,” kata Wapres Ma’ruf Amin ketika menerima Kunjungan Kehormatan Duta Besar Kerajaan Arab Saudi untuk RI Y.M. Faisal Abdullah H. Amodi di Kediaman Wapres, Jakarta pada Senin (27/2/2023). 

Menurut Wapres, investasi yang dilakukan bisa dalam bentuk kemitraan antara Bisnis ke Bisnis (Bussines to Bussiness) dalam membangun Ibu Kota Negara (IKN) Indonesia, khususnya di sektor infrastruktur, fasilitas publik, dan energi terbarukan.

Kemudian, ada pula realisasi proyek pembangkit listrik tenaga surya di Saguling dan Singkarak. Proyek senilai US$ 104,95 juta yang merupakan tindak lanjut MoU antara PLN dengan ACWA Power tahun lalu. 

Baca Juga: Ini Jemaah Haji yang Tidak Diwajibkan Rekam Biometrik untuk Penerbitan Visa

“Saya juga menantikan perkembangan penguatan kolaborasi antara Public Investment Fund Saudi dengan Indonesia Investment Authority,” tutur Ma'ruf. 

Dubes Faisal Abdullah H. Amodi menanggapi baik hal tersebut. Dia menyatakan bahwa pihaknya  akan berusaha maksimal meningkatkan hubungan kedua negara. Termasuk dalam peningkatan investasi, bahwa Saudi-RI Indonesia sudah mempunyai komisi yang fokus di sektor tersebut.

“Komisi itu bisa ditingkatkan perannya di kemudian hari,” tuturnya.

Faisal juga menekankan, pihaknya akan mengajak para investor meningkatkan investasi di Indonesia. Sebab, ada dukungan dari pemerintah Indonesia, dalam mempersiapkan ekosistem investasi yang baik untuk menarik investor. 

Baca Juga: Revisi UU Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Ini Poin-Poin yang Perlu Diperhatikan

“Mohon kiranya dengan dukungan Wapres, diberikan perhatian dan kesempatan yang lebih bagi investor Saudi untuk menanamkan modal di Indonesia. Tanpa dukungan Wapres, ini sulit untuk penanaman modal tersebut,” imbuhnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×