kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45691,13   20,36   3.03%
  • EMAS924.000 -0,22%
  • RD.SAHAM -0.69%
  • RD.CAMPURAN -0.34%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.01%

Mantap, Filipina bakal tandatangani MoU pembelian tank buatan Pindad


Jumat, 21 Februari 2020 / 09:38 WIB
Mantap, Filipina bakal tandatangani MoU pembelian tank buatan Pindad
ILUSTRASI. Tank Harimau buatan PT Pindad. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/aww.

Sumber: Kompas.com | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dirjen Potensi Pertahanan Kementerian Pertahanan Bondan Tiara Sofyan mengatakan, Kementerian Pertahanan Filipina akan melakukan penandatanganan MoU terkait rencana pembelian puluhan medium tank buatan PT Pindad.

"Masih berproses. Jadi untuk medium tank tanggal 27 Februari ini under secretary dari Kementerian Pertahanan Filipina akan datang, menandatangani MoU untuk defense logistic. Nah itu kita berharap itu akan memperkuat (kerjasama)," ujar Bondan di kantor Kemenhan, Jakarta, Kamis (20/2/2020).

Dikutip dari Tribunnews.com, Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menawarkan medium tank buatan PT Pindad kepada Filipina di sela-sela pertemuan ASEAN Defence Ministers’ Meeting (ADMM) Retreat and 6th ADMM Plus 2019 di Bangkok, Thailand, Sabtu (16/11/2019).

Baca Juga: Jokowi minta order jangka panjang untuk industri pertahanan lokal

Berdasarkan keterangan dari laman resmi Kementerian Pertahanan RI, tawaran Prabowo tersebut didasari atas ketertarikan Filipina untuk membeli produk-produk alutsista buatan industri pertahanan Indonesia.
Ketertarikan tersebut disampaikan langsung Menhan Filipina Delfin Negrillo Lorenzana pada saat pertemuan bilateral dengan Menhan RI.

Dalam kesempatan tersebut, Delfin menyampaikan apresiasi dan merasa puas dengan pembelian produk kapal perang jenis Strategic Sealift Vessel (SSV) yang dibuat industri galangan kapal nasional Indonesia PT PAL Indonesia (Persero) Surabaya.

Baca Juga: Jokowi: Pengembangan alutsista harus adopsi pengembangan teknologi militer terkini

Selain terkait dengan industri pertahanan, pada pertemuan bilateral Menhan RI dan Menhan Filipina juga membahas terkait kerjasama pertahanan kedua negara.

Pembahasan tersebut antara lain kerjasama pertukaran informasi intelijen, kerjasama pratoli bersama, hingga kerjasama peningkatan kemampuan personel militer kedua negara.

Baca Juga: Jokowi belum putuskan pembelian jet tempur dan kapal selam dari Prancis

Dalam kesempatan tersebut, Prabowo menyampaikan mendukung semua upaya kerjasama dalam mengatasi ancaman bersama di kawasan yang dapat dilakukan oleh kedua negara baik melalui patroli laut, patroli udara, latihan bersama atau apapun bentuknya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Filipina Akan Tandatangani MoU Terkait Pembelian Tank Buatan Pindad"
Penulis : Achmad Nasrudin Yahya
Editor : Kristian Erdianto




TERBARU

Close [X]
×