kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS1.004.000 1,31%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh agar Cepat Sembuh Saat Isolasi Mandiri Covid-19


Sabtu, 12 Februari 2022 / 05:00 WIB
Makanan Peningkat Daya Tahan Tubuh agar Cepat Sembuh Saat Isolasi Mandiri Covid-19

Sumber: Kementerian Kesehatan RI,Kompas.com | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Simak daftar makanan yang perlu dikonsumsi saat isolasi mandiri untuk mempercepat penyembuhan dari infeksi Covid-19. Makanan ini bisa meningkatkan daya tahan tubuh sehingga bisa melawan Covid-19 ketika isolasi mandiri.

Kasus Covid-19 Omicron di Indonesia pada Februari 2022 melesat semakin cepat.  Kementerian Kesehatan mengingatkan pasien Covid-19 tak bergejala dan gejala ringan cukup melakukan isolasi mandiri (isoman) di rumah.

Dilansir dari situs resmi Kementerian Kesehatan (Kemkes) Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kemenkes Siti Nadia Tarmizi menyatakan, virus Covid-19 varian omicron yang kini telah mendominasi di Indonesia memiliki karakteristik tingkat penularan yang sangat cepat jika dibandingkan dengan varian Alpha, Betha, dan Delta. Namun jika dilihat dari gejala lebih ringan dan tingkat kesembuhan juga sangat tinggi.

Dengan demikian, pasien positif Omicron tanpa gejala atau gejala ringan diimbau isolasi mandiri (Isoman) di rumah. ''Pasien yang masuk rumah sakit, 85% sudah sembuh, sedangkan yang kasusnya berat, kritis hingga membutuhkan oksigen sekitar 8%,'' katanya di kantor Kemenkes, Jumat (4/2).

Bagi pasien Covid-19 yang menjalani isolasi mandiri selama saturasi di atas 95% ke atas tidak perlu khawatir. Kalau ada gejala seperti batuk, flu, demam segera konsultasi melalui telemedisin atau puskesmas setempat.

Dilansir dari Kompas.com. untuk mempercepat penyembuhan dari Covid-19, selama isolasi mandiri harus konsumsi sejumlah makanan yang sehat. Perlu diketahui, segala sesuatu yang kita makan dan minum dapat memengaruhi kemampuan tubuh dalam melawan dan pulih dari infeksi. Selain membantu menjaga daya tahan tubuh untuk sembuh dari Covid-19, makanan yang sehat penting untuk mencegah penyakit lain seperti obesitas, jantung, diabetes, sampai kanker.

Baca Juga: Awas, Obat Covid-19 Ini Sudah Tak Ampuh, Untuk Omicron Pilih Rekomendasi Kemenkes

Berikut beberapa rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri.

Rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri di antaranya buah, sayur, dan asupan protein tinggi minim lemak jahat. Berikut beberapa rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri:

  • Ikan kembung, tuna, salmon

Ikan kembung, tuna, salmon, tongkol, atau teri adalah salah satu rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri karena banyak mengandung omega 3.

Dilansir dari Everyday Health, ikan tinggi omega 3 dapat membantu meningkatkan daya tahan tubuh dengan cara meningkatkan aktivitas sel darah putih.

  • Daging sapi tanpa lemak, ayam, makanan laut, telur

Rekomendasi makanan lain untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri adalah daging sapi tanpa lemak, ayam, makanan laut dan telur.

Sumber protein sehat yang terdapat dalam daging sapi tanpa lemak, ayam tanpa kulit, telur, atau makanan laut juga dapat membantu memperkuat sistem daya tahan tubuh. Makanan ini mengandung zinc. Menurut studi, sel darah putih dalam sistem kekebalan tubuh tidak dapat bekerja optimal tanpa zinc.

Banyaknya asupan protein sehat yang perlu dikonsumsi setiap orang berbeda-beda, tergantung berat badan. Setiap orang membutuhkan protein sebanyak 0,8 gram per kilogram berat badan. Sebagai gambaran, orang dengan berat badan 68 kilogram butuh protein sekitar 54 gram per hari.

  • Cokelat hitam

Rekomendasi makanan lain untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri adalah cokelat hitam.

Cokelat hitam banyak mengandung magnesium. Zat ini dapat memperkuat antibodi saat melawan penyakit, termasuk Covid-19. Salah satu penelitian sempat membuktikan, magnesium dapat membantu sel kekebalan limfosit untuk mengikat biang penyakit. Dengan begitu, biang penyakit lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

Selain cokelat hitam, Anda juga bisa makan makanan tinggi magnesium lain seperti alpukat, bayam, dan beras merah.

  • Jeruk dan sayuran hijau

Rekomendasi makanan lain untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri adalah jeruk dan sayuran hijau. Jeruk dan segala jenis sayuran hijau mengandung vitamin C yang baik untuk menunjang daya tahan tubuh.

Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari stres oksidatif. Selain jeruk dan sayuran hijau, Anda bisa mendapatkan asupan tinggi vitamin C lain dari stroberi, blueberry, tomat, jambu biji, brokoli, dan paprika.

Perlu diketahui, vitamin C cukup peka terhadap panas. Jadi, Anda disarankan mengonsumsi asupan ini dalam kondisi segar.

  • Kacang-kacangan dan biji-bijian

Rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri adalah kacang-kacangan dan biji-bijian.

Segala jenis kacang-kacangan dan biji-bijian mengandung vitamin E, selenium, dan magnesium. Beberapa zat tersebut dapat membantu memperkuat daya tahan tubuh, termasuk ketika menghadapi Covid-19. Anda bisa makan kacang tanah, biji bunga matahari, almond, atau kenari. Pilih jenis kacang yang dipanggang, bukan digoreng.

  • Bawang putih dan bawang bombay

Rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri adalah bawang putih dan bawang bombay. Bawang putih mengandung senyawa belerang allicin. Bahan alami ini juga potensial untuk meningkatkan respons kekebalan tubuh.

Sedangkan bawang bombay memiliki zat quercetin yang potensial sebagai antivirus dan membantu mengatur respons histamin. Untuk itu, tambahkan bawang-bawangan ini ke dalam setiap masakan yang dikonsumsi saat isolasi mandiri Covid-19.

  • Yogurt, miso, kimchi

Rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri adalah yogurt, miso dan kimchi. Dilansir dari Eatthis, makanan yang mengandung probiotik seperti miso, yogurt, kimchi, kefir, kombucha baik dikonsumsi saat sakit, termasuk Covid-19.

Probiotik alami dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri di usus. Dengan begitu, tubuh memiliki sistem daya tahan tubuh yang lebih kuat.

Tips pola makan sehat saat isolasi mandiri Covid-19

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), untuk menjaga pola makan sehat, setiap orang termasuk penderita Covid-19 perlu:

  • Masukkan menu buah dan sayur ke dalam setiap sesi makan
  • Untuk camilan di sela-sela jam makan utama, pilih kacang panggang, buah, atau sayur segar
  • Batasi asupan garam atau natrium, maksimal lima gram atau setara satu sendok teh per hari.
  • Minimalkan tambahan penyedap, saus, atau aneka kecap
  • Hindari segala macam makanan instan, makanan kalengan, makanan berpengawet, atau frozen food Ganti mentega dengan minyak zaitun atau lemak sehat lainnya
  • Jika ingin minum susu, pilih jenis yang rendah lemak
  • Hindari segala macam makanan yang digoreng karena mengandung lemak trans.
  • Pilih makanan yang dikukus, direbus, atau ditumis dengan sedikit minyak
  • Batasi asupan gula, makanan manis, dan minuman manis
  • Banyak minum air putih

Demikian rekomendasi makanan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh guna melawan Covid-19 saat isolasi mandiri. Jalankan pula tips pola makan yang sehat menurut WHO. Mari meningkatkan kedisiplinan menjalankan protokol kesehatan, semoga pandemi Covid-19 kembali terkendali

#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #jagajarakhindarikerumunan #cucitangan #cucitanganpakaisabun

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×