kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

LPDB-KUMKM vapai Rp 1,7 miliar dalam realisasi penyaluran dana


Rabu, 01 Januari 2020 / 22:59 WIB
LPDB-KUMKM vapai Rp 1,7 miliar dalam realisasi penyaluran dana
ILUSTRASI. Kegiatan sosialisasi dan bimbingan teknis pengalihan dana bergulir LPDB di Bali. LPDB: Dana bergulir bukan dana hibah

Reporter: Annisa Fadila | Editor: Azis Husaini

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Penyaluran dana bergulir dari LPDB telah mencapai 1,7 triliun pada tahun 2019 di periode kerjanya. Hal ini melampaui target yang telah ditetapkan.

Sebelumnya, penyaluran dana bergulir itu telah memenuhi syarat dan telah memenuhi target sehingga menjadi sejarah baru sepanjang di dirikannya Lembaga Pengelola Dana Bergulir – Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM).

Baca Juga: LPDB-KUMKM targetkan dapat salurkan dana bergulir sebesar Rp 1,85 triliun tahun ini

Dana bergulir tersebut nantinya di targetkan kepada 7.500 penerima dan turut melampaui target sebesar 10.875 atau sebesar 154% dari target yang di tetapkan. Terlebih dana bergulir LPDB-KUMKM mampu menyerap tenaga kerja hingga 1,875 juta orang di seluruh wilayah Indonesia.

Namun, sebelumnya NBL yang ditetapkan oleh LPDB-KUMKM sendiri maksimal sebesar 5%. Manajemen dari LPDB menekankan untuk berada dibawah angka 5% sehingga pencapaian yang didapat hanyalah sebesar 2,49% dari target 5%.

“Realisasi hingga per 31 Desember 2019 dengan target 1,7 triliun dan alhamdulillah hingga pagi ini sudah terpenuhi semuanya. Artinya, targetnya sudah melampaui.” Kata Direktur Utama LPDB, Braman Setyo (31/12).

Adapun dana bergulir yang di dominasi pada tahun 2019 adalah pada pulau Jawa, dimana kontribusinya sebesar 56% dari total dana bergulir. Sementara itu, untuk pulau Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi hanya mendapat porsi sebesar 44%.

Baca Juga: Strategi P2P lending optimalkan bisnis syariah di 2020

Selain itu, adapun kontribusi bank syariah hanya Rp575 miliar sementara bank konvensional sebesar Rp 925 miliar.

Lebih lanjut, Braman mengatakan tahun 2020 nanti ada beberapa indikator target LPDB-KUMKM yang telah di naikkan. Beberapa diantaranya ialah kenaikan porsi penyaluran sebesar 8,8% dari tahun 2019 sehingga menjadi 1,85 triliun.




TERBARU

Close [X]
×