kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KSOP Marunda minta semua pihak hormati putusan MA soal sengketa Pelabuhan Marunda


Senin, 23 September 2019 / 10:25 WIB
KSOP Marunda minta semua pihak hormati putusan MA soal sengketa Pelabuhan Marunda
ILUSTRASI. PELABUHAN KCN MARUNDA


Reporter: Muhammad Julian | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Setelah melalui proses panjang, Mahkamah Agung (MA) akhirnya mengabulkan permohonan kasasi yang diajukan oleh PT Karya Citra Nusantara (KCN) pada 10 September 2019 lalu.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Marunda, Iwan Sumantri mengatakan pihaknya akan menindaklanjuti putusan tersebut.

“Sebagai negara hukum, semua pihak harus menghormati segala hasil produk hukum yang sudah diterapkan,“ ujar Iwan dalam keterangan pers, Senin (23/9).

Baca Juga: Karya Citra (KCN) dukung program gerakan bersih laut dan pantai

Menurut Iwan, kepastian hukum merupakan hal yang sangat penting bagi keberlangsungan investasi. Dengan demikian, penyelesaian sengketa hukum yang melibatkan KCN dengan PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN) yang telah berlarut-larut berpotensi mengganggu iklim investasi di dalam negeri, utamanya investasi di bidang kepelabuhanan.

Oleh karena itu, Putusan MA dalam kasus sengketa Pelabuhan Marunda diharapkan dapat memberi jaminan hukum bagi investor lokal maupun asing yang berminat untuk terlibat dalam proyek-proyek pembangunan pelabuhan ke depannya.

Putusan MA dalam sengketa hukum Pelabuhan Marunda juga mendapatkan tanggapan yang posiif dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub).

“Bagi kami yang paling penting pelayanan bongkar muat barang di pelabuhan kembali berjalan normal dan lancar,” tutur Direktur Kepelabuhana Kementerian Perhubungan, Subagyo dalam siaran pers.

Baca Juga: Polusi Debu batubara di Pelabuhan Marunda, ini tanggapan manajemen KCN

Asal tahu saja, Kemenhub merupakan salah satu pihak yang juga turut dilibatkan dalam gugatan yang diajukan oleh KBN lantaran memberi izin konsesi pelabuhan kepada KCN.

Untuk diketahui, Proyek Pelabuhan Marunda merupakan proyek pembangunan dan pengelolaan pelabuhan supporting port bagi Pelabuhan Tanjung Priuk yang dikonsesikan kepada KCN selama 70 tahun.

Sementara itu, KCN sendiri merupakan usaha patungan antara KBN dengan PT Karya Tekhnik Utama (KTU) yang dibentuk setelah KTU memenangkan tender pembangunan kawasan Marunda pada tahun 2004. Berdasarkan perjanjian awal, kepemilikan atas KCN terdiri atas kepemilikan KBN sebesar 15% dan KTU sebesar 85%.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×