kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KRI Nanggala-402 hilang, militer Amerika Serikat kirim tim udara bantu pencarian


Jumat, 23 April 2021 / 14:40 WIB
KRI Nanggala-402 hilang, militer Amerika Serikat kirim tim udara bantu pencarian
ILUSTRASI. Kapal Selam KRI Nanggala-402 bermanuver di permukaan laut di bawah heli Bell 412 EP milik Skuadron Udara 400 Wing Udara 1 Puspenerbal di Laut Jawa, Selasa (6/5). ANTARA FOTO/Eric Ireng


Sumber: Channel News Asia | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - WASHINGTON. Militer Amerika Serikat akan mengirimkan tim udara untuk membantu Indonesia mencari kapal selam yang hilang dengan 53 pelaut di dalamnya, juru bicara Pentagon John Kirby mengatakan, Kamis (22 April).

Menurut Kirby, Departemen Pertahanan AS "sangat sedih" dengan berita kapal selam KRI Nanggala-402 yang hilang pada Rabu (21 April) saat latihan di perairan utara Bali.

"Kami bersama para pelaut Indonesia dan keluarganya," kata Kirby dalam sebuah pernyataan, seperti dikutip Channel News Asia.

"Atas undangan Pemerintah Indonesia, kami mengirimkan aset udara untuk membantu pencarian kapal selam yang hilang," ujarnya.

Baca Juga: Jokowi minta keselamatan 53 awak KRI Nanggala-402 jadi prioritas

Kirby menyebutkan, Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin berencana untuk berbicara pada Jumat (23 April) dengan Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto "untuk menyampaikan kesedihan kami dan membahas bagaimana lagi Amerika Serikat bisa membantu".

Tumpahan minyak di mana kapal selam diperkirakan tenggelam menunjukkan kemungkinan kerusakan pada tangki bahan bakarnya dan menimbulkan kekhawatiran akan bencana yang mematikan.

Awak kapal selam buatan Jerman itu bisa mendapatkan cukup oksigen hingga Sabtu pagi, tetapi waktu dengan cepat habis ketika tim penyelamat menjelajahi pantai di lepas pantai Bali untuk mencari tanda-tanda lokasinya.

Selanjutnya: KRI Nanggala-402 hilang, Singapura & Malaysia kirim kapal penyelamat bantu pencarian

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×