kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.164.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KPK: Pernyataan presiden sesuai nawacita


Jumat, 10 November 2017 / 16:05 WIB
KPK: Pernyataan presiden sesuai nawacita


Reporter: Sinar Putri S.Utami | Editor: Sanny Cicilia

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyambut baik pernyataan Presiden Joko Widodo terkait langkah Bareskrim Polri yang sedang melakukan penyidikan atas laporan terhadap dua pimpinan komisi anti rasuah itu.

"Saya rasa tidak aneh jika presiden mengungkapkan hal tersebut karena sudah jelas pemberantasan korupsi merupakan salah satu dari nawacitanya pemerintah," ungkap Pimpinan KPK Saut Situmorang di Gedung KPK, Jumat (10/11).

Saut yang merupakan salah satu terlapor dalam hal ini mengaku menyerahkan seluruh proses hukum yang ada. "Seluruh laporan hukum kan harus titik beratnya ada di pembuktian, jadi kita lihat saja buktinya seperti apa, kita hadir proses hukum," tambah Saut.

Adapun sebelumnya, Presiden Jokowi mempersilakan Polri melakukan penyidikan terhadap Agus Rahardjo dan Saut Situmorang sesuai proses hukum yang berlaku.

Namun, ia meminta Polri menghentikan penyidikannya apabila tak ada bukti dan fakta hukum. "Kalau ada proses hukum, proses hukum. Tetapi saya sampaikan, jangan sampai ada tindakan yang tidak berdasarkan bukti dan fakta. Saya sudah minta dihentikan kalau ada hal seperti itu. Dihentikan," kata Jokowi kepada pers di Bandara Halim Perdanakusuma, siang tadi.

Sekadar tahu saja, perkara ini berawal dari Bareskrim Polri yang menerbitkan surat pemberitahuan dimulainya penyidikan (SPDP) atas laporan Sandi Kurniawan terhadap dua pimpinan KPK, Agus Rahardjo dan Saut Situmorang.

Sandi merupakan salah satu anggota tim kuasa hukum Ketua DPR Setya Novanto yang tergabung dalam Yunadi and Associates.

Agus dan Saut dilaporkan dengan tuduhan membuat surat palsu dan menyalahgunakan wewenang dalam penyidikan kasus korupsi e-KTP yang sempat menjerat Novanto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×