kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Konsumen Makin Optimistis Terhadap Kondisi Ekonomi ke Depan


Sabtu, 12 Februari 2022 / 11:02 WIB
Konsumen Makin Optimistis Terhadap Kondisi Ekonomi ke Depan
ILUSTRASI. Konsumen makin optimistis terhadap kondisi ekonomi Indonesia 6 bulan ke depan.


Reporter: Bidara Pink | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pada awal tahun 2022, konsumen makin optimistis terhadap kondisi ekonomi Indonesia 6 bulan ke depan.  Indikasi ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Kondisi Ekonomi (IEK) Januari 2022 yang tercatat 138,3 atau meningkat dari 136,8 pada Desember 2021. 

Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Erwin Haryono mengatakan, peningkatan IEK ini didorong oleh kenaikan seluruh komponen indeks pembentuk IEK. 

“Pada periode tersebut, Indeks Ekspektasi Penghasilan, Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja, dan Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha membaik dari bulan sebelumnya,” ujar Erwin dalam laporan Survei Konsumen BI, Jumat (11/2). 

Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha di survei bulan Januari 2022 tercatat 140,4 atau lebih tinggi dari 139,2 pada bulan sebelumnya. Ini berarti, konsumen memperkirakan ekspansi kegiatan usaha ke depan membaik. 

Baca Juga: Keyakinan Konsumen Terhadap Prospek Ekonomi Makin Meningkat

Indeks meningkat pada sebagian besar kategori pengeluaran responden, terutama pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan. 

Sementara itu, dari sisi usia, peningkatan indeks juga terpantau pada sebagian kelompok usia responden. 

Ekspektasi konsumen terhadap tersedianya lapangan kerja pada 6 bulan mendatang juga terpantau membaik. Ini terlihat dari Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja Januari 2022 sebesar 134,8 atau lebih tinggi dibandingkan 133,7 pada bulan sebelumnya. 

Berdasarkan tingkat pendidikan, indeks meningkat pada responden dengan pendidikan SLTA dan ditinjau menurut usia, ekspektasi terhadap lapangan kerja meningkat pada sebagian besar kelompok usia responden. 

Sejalan dengan membaiknya ekspektasi kegiatan usaha dan ketersediaan lapangan kerja, ekspektasi responden terhadap penghasilan pada 6 bulan yang akan datang juga mengalami perbaikan. 

Ini tercermin dari Indeks Ekspektasi Penghasilan Januari 2022 yang sebesar 139,6 atau lebih tinggi dari 137,5 pada bulan sebelumnya.  Indeks tercatat naik pada mayoritas kelompok tingkat pengeluaran responden, tertinggi pada responden dengan tingkat pengeluaran Rp 3,1 juta hingga Rp 4 juta per bulan. 

Sementara itu, ditinjau menurut kategori usia, ekspektasi terhadap penghasilan ke depan juga menguat pada hampir seluruh kelompok usia responden. 

Baca Juga: Masyarakat Optimistis dengan Kondisi Ekonomi Indonesia Saat Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×