kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.007,64   -3,10   -0.31%
  • EMAS988.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.20%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.12%

Klausul alternative minimum tax dihapus dalam RUU HPP, ini kata DPR


Rabu, 06 Oktober 2021 / 19:54 WIB
Klausul alternative minimum tax dihapus dalam RUU HPP, ini kata DPR
ILUSTRASI. Aktivitas kantor pelayanan pajak di Sudirman, Jakarta, Selasa (25/8/2020). Klausul alternative minimum tax dihapus dalam RUU HPP, ini kata DPR.


Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Pemerintah dan DPR sepakat mencoret ketentuan alternative minimum tax (AMT) atau pajak penghasilan minimum bagi wajib pajak merugi, dalam Rancangan Undang-Undang Harmonisasi Peraturan Perpajakan (RUU HPP).

Penghapusan ini mendadak, sebab dilakukan saat detik-detik terakhir sebelum RUU HPP disepakati pemerintah dan DPR untuk dibawa ke paripurna.

Anggota Komisi XI DPR RI Andreas Eddy Susetyo mengatakan, pertimbangan penghapusan ini sudah berdasarkan diskusi yang mendalam.

Baca Juga: Hapus klausul AMT dalam RUU HPP, pemerintah dan DPR andalkan tarif PPh Badan

Menurutnya AMT ditunjukan untuk kerugian yang artifisial dan erat kaitannya dengan agresif tax planning, sehingga AMT merupakan langkah atau kebijakan yang sifatnya last retort method.

Sehingga, penghapusan AMT ini karena dikhawatirkan akan mencederai self assessment, dimana proses pengujian kepatuhan dan pemeriksaan harus didahulukan.

“Jadi bukan gerakan AMT yang secara otomatis, karena dikhawatirkan akan mencederai self assessment itu,” kata Andreas kepada Kontan.co.id, Rabu (6/10).

Selain itu, Dia mengatakan jika AMT tidak bersifat last retort method, maka akan mengurangi kredibilitas ketentuan pengindahan pajak yang telah ada, seperti ketentuan transfer pricing, pembatasan biaya bunga dan lainnya. 

Selanjutnya: Soal penghapusan alternative minimum tax di RUU HPP, ini kata pengamat pajak

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×