kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Klaim token listrik gratis lewat WhatsApp baru bisa 6 April, begini caranya


Jumat, 03 April 2020 / 23:30 WIB
Klaim token listrik gratis lewat WhatsApp baru bisa 6 April, begini caranya


Reporter: kompas.com | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) menyediakan mekanisme pembagian token listrik gratis bagi pelanggan prabayar golongan 450 volt ampere (VA) dan golongan subsidi 900 VA. Token gratis bisa pelanggan dapat melalui situs atau WhatsApp resmi PLN.

Kendati demikian, sampai Jumat (3/4) siang, token gratis masih belum bisa pelanggan klaim melalui WhatsApp. Wakil Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, itu bukan akibat kesalahan dari perusahaannya. Namun, kesalahan berasal dari pihak WhatsApp.

Saat ini, Darmawan menjelaskan, WhatsApp sedang melakukan perbaikan dan pengembangan server untuk mengantisipasi traffic yang tinggi terhadap kontak yang PLN sediakan.

Baca Juga: Pelanggan listrik 450 VA dan 900 VA bisa dapat token gratis, mau tahu caranya?

"Untuk nomor WhatsApp memang hari ini (3/4) mendapatkan laporan sedikit bermasalah, bukan dari pihak PLN tapi dari pihak WhatsApp yang sedang meng-upgrade servernya, karena memang traffic-nya akan sangat tinggi," katanya dalam video conference, Jumat (3/4).

Proses upgrade ini akan memakan waktu beberapa hari. Dengan demikian, Darmawan memproyeksikan, klaim token gratis melalui WhatsApp dengan nomor 08122-123-123 baru bisa pelanggan lakukan pada Senin (6/4) depan.

"Insya Allah nanti akan bisa berjalan mulai hari Senin (6/4), hari ini (3/4) masih sedang dalam tahap perbaikan. Bukan dari PLN tetapi dari server pihak WhatsApp dengan Facebook," ujar Darmawan.

Baca Juga: Begini cara pelanggan dapatkan keringanan tagihan listrik

Begini caranya

Untuk sementara waktu, pelanggan yang berhak mendapatkan token gratis bisa melakukan klaim melalui situs resmi PLN. Cara melakukan klaim melalui situs adalah sebagai berikut:

  1. Buka laman www.pln.co.id, kemudian masuk ke menu pelanggan dan langsung menuju ke pilihan stimulus Covid-19.
  2. Masukkan ID pelanggan/nomor meter. Lalu, token gratis akan ditampilkan di Layar.
  3. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Baca Juga: Pelanggan prabayar PLN juga dapat gratisan, ini caranya

Kelak, bila nomor WhatsApp PLN sudah bisa beroperasi dengan normal, pelanggan dapat melakukan klaim token gratis dengan cara sebagai berikut:

  1. Buka aplikasi WhatsApp.
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123, ikuti petunjuk, salah satunya masukkan ID pelanggan.
  3. Token gratis akan muncul.
  4. Pelanggan tinggal memasukkan token gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID pelanggan.

Penulis: Rully R. Ramli

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pengumuman, Klaim Token Listrik Gratis lewat WhatsApp Baru Bisa Dilakukan 6 April"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×