Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keyakinan konsumen pada kuartal IV-2022 menurun bila dibandingkan dengan kuartal III-2022.
Hasil Survei Konsumen Bank Indonesia (BI) menunjukkan, Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) kuartal IV-2022 sebesar 119,7, lebih rendah dari 121,7 pada kuartal III-2022.
Direktur Eksekutif, Kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono mengatakan, pelemahan keyakinan konsumen pada kuartal IV-2022 disebabkan oleh turunnya komponen pembentuk ekspektasi konsumen.
Baca Juga: Porsi Pendapatan yang Dibelanjakan Makin Besar di Akhir Tahun 2022
"Ini disebabkan, terutama oleh menurunnya seluruh komponen pembentuk Indeks Ekspektasi Konsumen (IEK) terang Erwin dalam laporan Survei Konsumen, Senin (9/1).
Asal tahu saja, IEK pada kuartal IV-2022 sebesar 127,83. Ini lebih rendah dari rata-rata IEK kuartal III-2022 yang mencapai 133,1.
Bila menilik dari komponen pembentuknya, Indeks Ekspektasi Penghasilan pada kuartal IV-2022 tercatat 132,53 atau lebih rendah dari 135,9 pada kuartal sebelumnya.
Sedangkan Indeks Ekspektasi Ketersediaan Lapangan Kerja tercatat 125,67 atau lebih rendah dari 133 pada kuartal sebelumnya.
Baca Juga: Banyak Katalis Positif, Simak Prospek Saham Barang Konsumsi
Indeks Ekspektasi Kegiatan Usaha kuartal IV-2022 tercatat 125,2 atau lebih rendah dari indeks kuartal IV-2022 yang sebesar 130,36.
Namun, meski lebih rendah dari kuartal sebelumnya, Erwin menyebut IKK pada kuartal IV-2022 tetap lebih tinggi dibandingkan IKK kuartal IV-2021 yang sebesar 116,8.
Pun, ini masih berada di zona optimistis, atau indeks di atas 100.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News