kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ketum Kadin Arsjad Rasjid dikenal tak hanya dekat dengan pengusaha tapi juga buruh


Jumat, 02 Juli 2021 / 16:43 WIB
Ketum Kadin Arsjad Rasjid dikenal tak hanya dekat dengan pengusaha tapi juga buruh
ILUSTRASI. Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Arsjad Rasjid.


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Direktur Utama PT Indika Energy Tbk (INDY), Arsjad Rasjid resmi ditetapkan sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia periode 2021-2026 menggantikan Rosan Perkasa Roeslani dalam Munas VIII Kadin di Kendari, Sulawesi Tenggara, Kamis (1/7). 

Arsjad selama ini bukan hanya dikenal dekat dengan kalangan pengusaha, melainkan juga dengan kalangan buruh. 

Ia juga merupakan sahabat dekat Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea yang merupakan pimpinan konfederasi buruh terbesar di Indonesia. Keduanya sama-sama meniti karir di Indika Energy. 

Diharapkan kedekatan kedua pimpinan tersebut mampu menciptakan hubungan harmonis antara pengusaha dan pekerja. Tujuannya agar ekonomi yang dihantam pandemi Covid-19 bisa kembali pulih. 

Baca Juga: Arsjad Rasjid Ingin Akhiri Dualisme Kadin Serta Adanya Representasi Daerah

Melihat hal tersebut, Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (IPO) Dedi Kurnia Syah Putra mengibaratkan selama ini hubungan antara pekerja dan buruh bak minyak dan air. Seringkali terlibat perseteruan terutama terkait upah. 

Dedi melihat hubungan kental antara Arsjad Rasjid dan Andi Gani Nena yang sama-sama berkarir di Indika Energy punya kemampuan untuk membuat sejuk hubungan industri. Apalagi, saat ini ekonomi Indonesia masih terpuruk akibat pandemi Covid-19. 

"Secara politik stabilitas negara memang salah satunya dikendalikan oleh korporasi dan Kadin punya kekuatan itu. Sementara buruh, juga punya peran penting untuk bangkitnya ekonomi di masa pandemi. Jadi, hubungan baik antara pimpinan pengusaha dan pekerja ini diharapkan membuat suasana industri kembali nyaman," katanya, Jumat (1/7). 

Dedi melihat kedekatan Arsjad dengan pimpinan buruh ini diharapkan mampu kembali merekatkan hubungan keduanya. 

Baca Juga: Arsjad Rasjid terpilih aklamasi jadi Ketua Umum Kadin, ini janjinya




TERBARU

[X]
×