kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,02   -8,28   -0.91%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepolisian siapkan pengamanan ketat untuk debat capres keempat malam ini


Sabtu, 30 Maret 2019 / 08:45 WIB
Kepolisian siapkan pengamanan ketat untuk debat capres keempat malam ini


Sumber: Kompas.com | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kepolisian Republik Indonesia menyiapkan sistem pengamanan ketat pada debat keempat Pemilihan Presiden 2019 di Hotel Shangri-La, Jakarta Pusat, Sabtu (30/3) nanti. 

Kepala Biro Penerangan Masyarakat Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan, teknologi kamera pengintai dan face recognition akan digunakan untuk menjaga keamanan selama debat. 

"Kami juga memasang CCTV mobile. Ada beberapa mobil khusus untuk memonitor jalannya debat yang berada di luar atau sekitar debat," kata Dedi di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Jumat (29/3). 

Ia mengatakan, teknologi lain bernama face recognition yang digunakan Polri akan merekam siapa saja yang hadir di lokasi debat serta melihat data orang tersebut. 

Dedi melanjutkan, teknologi kamera pengintai dan face recognition juga disiapkan di mobil-mobil patroli yang nantinya akan berada di sejumlah lokasi nonton bareng debat. 
Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan, ada 5.000 personel gabungan yang akan mengamankan penyelenggaraan debat malam nanti. 

Argo menjelaskan, personel gabungan akan dibagi dalam empat lapis pengamanan. Pengamanan lapis pertama berada di ruang debat dengan penjagaan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres). 

"Karena yang datang adalah Bapak Jokowi sebagai capres, maka pengamanan lapis pertama adalah Paspampres, ada pintu yang akan disterilisasi. Semua orang yang akan masuk harus dicek, ada ID card khusus yang dikeluarkan KPU," ujarnya.  

Pengamanan lapis kedua di luar ruangan debat, yakni lantai satu dan basement Hotel Shangri-La. Sementara itu, pengamanan lapis ketiga adalah jalan sekitar kawasan hotel. 

"Kalau pengamanan lapis keempat ada di jalan menuju tempat lokasi debat, misalnya Simpang Dukuh Bawah. Semuanya kami atur, jangan sampai ada kemacetan yang panjang," kata Argo.  

Sementara itu, Argo memastikan Komisi Pemilihan Umum tidak menyiapkan layar lebar untuk nonton bareng debat di sekitar lokasi penyelenggaraan debat. Oleh karena itu, polisi mengimbau para pendukung kedua pasang calon presiden dan calon wakil presiden untuk menonton acara debat dari rumah masing-masing. 

"Kalau ada masyarakat yang ingin ikut nonton bareng diimbau agar menonton debat di rumahnya masing-masing," ujar Argo. 

Adapun debat malam ini akan mempertemukan calon presiden Joko Widodo dan calon presiden Prabowo Subianto. 

Tema yang diusung dalam debat keempat ini adalah ideologi, pemerintahan, keamanan, serta hubungan internasional. 

Pada debat kedua lalu yang juga mempertemukan Jokowi dan Prabowo, sempat terjadi insiden di luar lokasi debat yang digelar di Hotel Sultan. 

Saat itu, terdengar suara ledakan yang menghebohkan para pendukung kedua kandidat yang sedang nonton bareng debat di area Parkir Timur Gelora Bung Karno. 

Hingga kini, polisi belum mengungkap pelaku peledakan yang diduga berasal dari petasan tersebut. (Ardito Ramadhan)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com berjudul: "Rangkaian Pengamanan Ketat untuk Debat Keempat Pilpres"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×