kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45894,41   6,68   0.75%
  • EMAS1.363.000 -0,15%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kepala Otorita IKN Mundur Sehari Sebelum Seremoni Groundbreaking


Senin, 03 Juni 2024 / 19:09 WIB
Kepala Otorita IKN Mundur Sehari Sebelum Seremoni Groundbreaking
ILUSTRASI. Kepala Badan Otorita Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, Bambang Susantono.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID, - JAKARTA. Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN) Bambang Susantono dan wakilnya Dhony Rahadjoe mundur dari jabatannya jelang seremoni groundbreaking investasi di IKN tahap 6 yang akan dilakukan, Selasa (4/6) .

Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno mengatakan, permohonan pengunduran diri Bambang dan Dhony telah diajukan sejak lama.

Hanya saja, Presiden Joko Widodo (Jokowi) baru mengamini permohonan tersebut tepat sehari jelang proses groundbreaking IKN tahap 6 yang bakal digelar pada 4-5 Juni 2024.

"Sudah lama pembicaraan [terkait pengunduran diri Bambang Susantono dan Dhony Rahadjoe, tapi suratnya [Keppres] memang baru," ujar Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan,  Jakarta, Senin (3/6).

Baca Juga: Bambang Susantono Mundur Sebagai Kepala Otorita IKN, Begini Respons Pengusaha

Seiring dengan pengunduran dua pejabat tinggi IKN tersebut, Presiden Jokowi mengangkat Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono dan Wakil Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) Raja Juli Antoni sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Kepala dan Wakil Kepala OIKN.

Di sisi lain, Jokowi dijadwalkan akan melangsungkan groundbreaking investasi IKN tahap 6 pada Selasa (4/6). Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Direktur Investasi dan Kemudahan Berusaha OIKN, Lazuardi Nasution dalam surat edarannya.

"Akan dilaksanakannya groundbreaking tahap VI pada tanggal 4-5 Juni 2024 yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia di Ibu Kota Nusantara," tuturnya.

Baca Juga: Mundur dari Otorita IKN, Ini Jumlah Kekayaan Bambang Susantono dan Dhony Rahajoe

Hal senada juga disampaikan oleh Menteri PUPR Basuki yang menyebut Presiden Jokowi akan bertolak ke IKN dalam waktu dekat.  Jokowi juga bakal bermalam di rumah tapak jabatan menteri (RTJM).

"Nanti presiden mau ke IKN nginepnya bukan di glamping lagi tapi sudah di rumah jabatan menteri, menunjukkan bahwa ini sudah siap, itu yang dari APBN," kata Basuki.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×