kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kejaksaan Agung pastikan kasasi atas vonis bebas penyelewengan kredit Bank Mandiri


Rabu, 09 Januari 2019 / 21:05 WIB

Kejaksaan Agung pastikan kasasi atas vonis bebas penyelewengan kredit Bank Mandiri

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pengadilan Tipikor Bandung pada Senin (7/1) memvonis bebas tujuh terdakwa kasus penyelewengan kredit PT Bank Mandiri Tbk kepada PT Tirta Amarta Bottling (TAB). Putusan tersebut ditanggapi oleh Kejaksaan Agung dengan akan mengajukan kasasi ke Mahkamah Agung (MA).

Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejaksaan Agung Mukri mengatakan, pihaknya akan mengajukan kasasi ke MA secepatnya. "Insya Allah secepatnya pengajuan kasasi ke MA," tutur Kapuspenkum Kejaksaan Agung Mukri yang dihubungi Kontan.co.id pada Rabu (9/1).

Kasasi diajukan berdasarkan putusan bebas murni, sehingga tidak ada banding lagi. "Kalau putusan bebas murni kita langsung kasasi ke MA jadi tidak banding lagi, untuk kasasi insyaAllah minggu ini juga kita nyatakan kasasi," jelas Mukri.

Asal tahu, perusahaan air minum dalam kemasan (AMDK) Tirta Amarta kemarin menghadapi perkara penyalahgunaan kredit dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI). Tirta Amarta diduga menggelapkan kredit senilai Rp 1,83 triliun.

Awalnya ketika Mandiri mulai memberikan fasilitas kredit modal kerja (KMK) pada 19 Desember 2008. Sejalan dengan pertumbuhan perusahaan, diberikan beberapa fasilitas tambahan dan mendapat perpanjangan fasilitas KMK senilai Rp 880 miliar, Letter of Credit (LC) senilai Rp 40 miliar impor dan kredit investasi (KI) senilai Rp 250 miliar pada 15 April 2015.

Dugaan penyelewengan terjadi sebab dalam mengajukan perpanjangan kredit di Bank Mandiri Commercial Banking Center (CMC) Bandung, pada 15 Juni 2015 Tirta Amarta diduga menggelembungkan nilai aset.


Reporter: Ratih Waseso
Editor: Noverius Laoli

Video Pilihan


Close [X]
×