kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kasus Covid-19 Melompat Tinggi, Ini 4 Potensi Penyebab Menurut Satgas


Selasa, 14 Juni 2022 / 19:18 WIB
Kasus Covid-19 Melompat Tinggi, Ini 4 Potensi Penyebab Menurut Satgas
ILUSTRASI. Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito membeberkan potensi penyebab lonjakan kasus di Indonesia.


Reporter: SS. Kurniawan | Editor: S.S. Kurniawan

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kasus harian Covid-19 melonjak tinggi. Sampai dengan saat ini, pemerintah belum bisa menyimpulkan penyebab pasti lonjakan kasus. Tapi, ada beberapa potensi penyebab.

Data Satgas Penanganan Covid-19 menunjukkan, kasus virus corona pada Selasa (14/6) tercatat 930 kasus, jauh lebih tinggi dibanding sehari sebelumnya yang hanya 591 kasus.

Juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito mengatakan, pemerintah mengidentifikasi setidaknya empat potensi penyebab tren kenaikan kasus virus corona di Indonesia.

Pertama, mobilitas penduduk yang terus mengalami peningkatan seiring kasus Covid-19 yang melandai. Ini bisa meningkatkan interaksi masyarakat dari satu tempat ke tempat lain.

Baca Juga: UPDATE Covid-19 Indonesia, 14 Juni: Tambah 930 Kasus Baru, Meninggal 10

Kedua, aktivitas masyarakat di tempat publik dan kegiatan-kegiatan skala besar yang dihadiri banyak orang. 

"Berpotensi meningkatkan interaksi masyarakat yang berpotensi meningkatkan penularan (virus corona)," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan lewat kanal YouTube BNPB, Selasa (14/6).

Ketiga, kedisiplinan protokol kesehatan yang terlihat longgar di tengah masyarakat, seiring kasus Covid-19 yang melandai. Wiku bilang, penggunaan masker tidak sedisiplin saat peningkatan kasus sebelumnya.

Keempat, subvarian baru Omicron BA.4 dan BA.5 yang sudah masuk ke Indonesia, yang teridentifikasi pertama kali pada 6 Juni lalu. Sampai saat ini, ada 8 kasus Omicron BA.4 dan BA.5 yang teridentifikasi.

"Transibilitas (Omicron BA.4 dan BA.5) memiliki kemungkinan menyebar lebih cepat," ungkap Wiku.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×