kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45927,64   6,18   0.67%
  • EMAS1.325.000 -1,34%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kadin sebut tiga langkah ini dapat pulihkan kinerja industri manufaktur


Kamis, 01 Oktober 2020 / 20:28 WIB
Kadin sebut tiga langkah ini dapat pulihkan kinerja industri manufaktur
ILUSTRASI. Pameran Manufaktur: Suasana Pameran Manufacturing Indonesia 2019 di JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (4/12).


Reporter: Venny Suryanto | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Manufacturing Purchasing Managers’ Index (PMI) Indonesia turun dari 50,8 di Agustus menjadi 47,2 di September 2020.

Penurunan tersebut menjadi yang pertama sejak bulan April dan menunjukkan aktivitas manufaktur yang melemah di tengah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) karena masih tereskalasinya pandemi Covid-19.

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) bidang Hubungan Internasional, Shinta Widjaja Kamdani mengatakan, penurunan PMI yang terjadi  akibat pelaku usaha melihat pasar yang masih melemah dalam jangka pendek.

Adapun, penyebab pelemahan dinilai bukan hanya adanya PSBB tetapi juga lemahnya pemulihan kepercayaan dari pasar domestik untuk melakukan konsumsi secara umum.

Baca Juga: Ekonom Indef ingatkan deflasi beruntun bisa jadi tanda-tanda depresi ekonomi

“Ini sebetulnya sudah bisa dilihat dari respons pasar selama pelonggaran PSBB dimana terjadi peningkatan konsumsi tetapi tidak setinggi yang diharapkan, khususnya karena kelas menengahnya juga enggan untuk melakukan pengeluaran non-esensial akibat kondisi Covid-19,” kata Shinta saat dihubungi KONTAN, Kamis (1/10).

Shinta juga proyeksikan, dalam kondisi saat ini tidak banyak yang bisa dilakukan industri manufaktur untuk bisa mendorong indeks PMI ke atas level 50 atau rata-rata di level 50 hingga akhir tahun.

“Kalau PMI dipaksa di atas 50 sementara pasarnya tidak punya confidence  untuk membeli, ini berarti memaksakan pelaku usaha manufaktur untuk menanggung kerugian yang lebih besar,” tandasnya.

Shinta juga menyampaikan, untuk meningkatkan kinerja pabrikan dan mendorong meningkatnya manufaktur, ada tiga hal yang harus dilakukan pemerintah.

Baca Juga: Deflasi 3 bulan berturut-turut, pemerintah belum ambil langkah baru

Pertama, tentunya harus ada perbaikan output pengendalian Covid-19, khususnya di kawasan industri dan perkotaan yang umumnya menjadi sentral konsumsi produk manufaktur.




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Trik & Tips yang Aman Menggunakan Pihak Ketiga (Agency, Debt Collector & Advokat) dalam Penagihan Kredit / Piutang Macet

[X]
×