kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45806,19   -5,40   -0.67%
  • EMAS1.055.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.34%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Jusuf Kalla sebut sudah saatnya Indonesia serius kembangkan ekonomi digital


Kamis, 17 Oktober 2019 / 21:33 WIB
Jusuf Kalla sebut sudah saatnya Indonesia serius kembangkan ekonomi digital
ILUSTRASI. Wakil Presiden Jusuf Kalla menjawab pertanyaan saat sesi wawancara khusus dengan Antara di Jakarta, Kamis (17/10/2019). Jusuf Kalla mengatakan akan menghabiskan waktu dengan keluarga serta aktif berkegiatan sosial usai purnatugas sebagai wakil presiden.

Reporter: Bidara Pink | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zaman mulai berubah ketika perkembangan teknologi mulai merambah. Hal ini pun berlaku dalam dunia ekonomi. Melihat hal itu, Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menilai saat ini penting bagi Indonesia untuk mengembangkan perekonomian digital sebagai harapan di masa depan.

JK melihat, saat ini selain dengan adanya perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China, ada hal lain yang menyebabkan perubahan kondisi perekonomian global, yaitu teknologi dan perubahan iklim.

Baca Juga: Berikut hambatan investasi infrastruktur digital tanah air

Dulu perusahaan yang menjanjikan adalah perusahaan energi. JK mengambil contoh Saudi Aramco. Selain itu, ada juga datang dari dunia perbankan dan juga multinasional companies.

Namun, saat ini, yang merajai perekonomian adalah perusahaan-perusahaan teknologi. "Usaha yang paling besar atau paling kaya saat ini adalah Microsoft, Google, Apple, Amazon, Facebook, dan lain-lain," ujar JK pada Kamis (17/10) di Jakarta.

Dengan melihat itu, maka dapat dikatakan perusahaan teknologi sudah mampu mengalahkan perusahaan energi. Ini juga bisa disimpulkan bahwa perubahan tersebut telah mengubah gaya ekonomi dunia.

Baca Juga: Kuartal III-2019, e-commerce besutan lokal masih perkasa

Oleh karena itu, JK mengimbau agar Indonesia bisa menangkap sinyal perubahan tersebut dan akhirnya bisa menggenjot lagi perekonomian digital agar bisa bersaing di tengah perkembangan global.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

[X]
×