kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jusuf Kalla sarankan untuk menginvestasikan dana haji ke Arab Saudi


Selasa, 13 Maret 2018 / 20:49 WIB
Jusuf Kalla sarankan untuk menginvestasikan dana haji ke Arab Saudi
ILUSTRASI. Wapres Jusuf Kalla


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan, Indonesia akan diuntungkan jika menginvestasikan dana haji yang dikelola Badan Pelaksana Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) ke Arab Saudi. Total dana haji yang dikelola BPKH saat ini Rp 103 triliun.

"Perkembangan haji itu makin tinggi dan perkembangan umrah juga hampir sejuta setahun. Maka kalau Indonesia, BPKH investasi di Arab Saudi itu bisa menguntungkan. Karena sudah bisa dipakai setahun," kata Kalla, di Kantor Wakil Presiden RI, Jakarta, Selasa (13/3).

"Zaman dulu bikin hotel di sana paling dipakainya tiga bulan. Sekarang karena umrah sudah sedemikian banyaknya maka fasilitas dipakai selama setahun sehingga bisa menguntungkan," lanjut dia.

Menurut Kalla, jika investasi yang ditanamkan Indonesia melalui BPKH menguntungkan, akan berimbas pada lebih murahnya biaya ibadah haji dan biaya umrah bagi jemaah Indonesia.

"Setidaknya bisa (membuat) ongkos haji lebih murah. Apalagi seperti tadi, sejuta lebih jemaah umrah itu bisa lebih murah (biaya umrahnya)," kata Ketua Umum Dewan Masjid Indonesia tersebut.

"Kalau haji, dia (jemaah) bisa jauh-jauh (lokasi penginapannya). Kalau umrah mau dekat semua. Sangat tergantung lokasi. Kalau dapat lokasi yang baik tentu dapat keuntungan," lanjut Kalla.

Sebelumnya, Kepala BPKH Anggito Abimanyu mengatakan, ada keinginan agar dana haji yang dikelola lembaganya diinvestasikan di Arab Saudi.

"Arahan Wapres (Jusuf Kalla) 'Investasikan di Arab Saudi'. Karena bisa menghilangkan risiko valas, dan juga return-nya juga cukup tinggi," kata Anggito ketika ditemui di Istana Wakil Presiden RI, Jakarta, Jumat (9/3).

Oleh karena itu, BPKH akan fokus menginvestasikan dana ratusan triliunan tersebut di Arab Saudi. Apalagi, saat ini jemaah umroh asal Indonesia cukup besar jumlahnya. (Moh Nadlir)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jusuf Kalla Sebut Investasi Dana Haji di Arab Saudi Menguntungkan",

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×