kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi pertegas komitmen Thailand dan Malaysia jaga harga karet


Rabu, 13 Maret 2019 / 16:27 WIB
Jokowi pertegas komitmen Thailand dan Malaysia jaga harga karet


Reporter: Abdul Basith | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Menteri Luar Negeri Thailand Don Pramudwinai di Istana Merdeka, Rabu (13/3). Salah satu topik yang dibahas dalam pertemuan tersebut adalah upaya menjaga harga karet. Thailand merupakan produsen karet terbesar di dunia saat ini.

Dalam pertemuan tersebut, Presiden mengajak Thailand bersama Malaysia sebagai produsen karet terbesar dunia untuk menjaga harga karet.

"Presiden menyampaikan, tidak ada pilihan lain bagi tiga negara tersebut untuk memperkuat kerja sama agar harga karet tidak terus turun," ujar Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi usai mendampingi presiden, Rabu (13/3).

Belakangan ini, harga karet dunia terus mengalami penurunan. Saat pertemuan, Retno bilang Menteri Thailand menyatakan komitmennya untuk menjaga harga karet.

Sebelumnya sejumlah menteri dari tiga negara yang tergabung dalam International Tripartite Rubber Council (ITRC) telah melakukan pertemuan. Pertemuan itu memutuskan akan menggunakan skema agreed export tonnage scheme (AETS).

AETS merupakan skema pembatasan ekspor untuk mengatur suplai sehingga harga dapat terdorong naik. Kerja sama yang baik oleh negara diharapkan akan mendongkrak harga karet lebih efektif.

"Presiden menyampaikan harapannya bahwa kalau kita bekerja sama kuat antar tiga negara tersebut, kita yakin harga karet lebih baik dari sekarang," terang Retno.

Selain mengenai stabilisasi harga karet, ada pula pembicaraan mengenai kerja sama indopasifik. Pembahasan tersebut dilakukan melihat posisi Menteri Luar Negeri Thailand yang juga ditunjuk sebagai Ketua ASEAN.

Kerja sama tersebut merupakan usulan Indonesia yang dijadikan sebagai inisiatif ASEAN. Retno bilang bahwa Jokowi menyampaikan pentingnya bagi ASEAN untuk memiliki konsep kerja sama dalam kawasan Indopasifik.​

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×