kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi minta Lima hal harus dibenahi dalam percepatan pengembangan destinasi wisata


Kamis, 21 November 2019 / 17:05 WIB
Jokowi minta Lima hal harus dibenahi dalam percepatan pengembangan destinasi wisata
ILUSTRASI. Pelabuhan khsusus pengangkut wisatawan di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/28/08/2019.


Reporter: Handoyo | Editor: Handoyo .

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengingatkan perlu adanya gerak cepat dalam pengembangan destinasi prioritas pariwisata. 

“Karena sudah kejar-kejaran dengan negara lain, dan sektor pariwisata harus menjadi motor bagi peningkatan devisa, menciptakan multplier effect yang mendorong pertumbuhan ekonomi kita,” kata Presiden Jokowi saat memberikan pengantar dalam Rapat Terbatas (Ratas) tentang Pengembangan Destinisi Pariwisata Prioritas, di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (21/11) dikutip dari laman setkab.go.id. 

Baca Juga: Presiden Jokowi minta tata kelola program JKN terus dibenahi dan diperbaiki

Presiden menegaskan 5 hal yang harus dibenahi dalam percepatan pengembangan destinasi. Yang pertama, pengaturan tata ruang masih perlu ditata lagi untuk kawasan pariwisata prioritas. 

Yang kedua, akses atau konektivitas. Presiden memberikan contoh misalnya lebih Labuan Bajo yang nanti akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR dan Kementerian perhubungan yang diharapkan nanti selesai semuanya berhubungan memperpanjang run away mengembangkan memperbaiki terminalnya, membangun jalan akses menuju ke tempat-tempat wisatanya, termasuk juga memperbaiki kawasan baik itu pelabuhan maupun tempat-tempat untuk mempermudah wisatawan datang ke tujuan. 

Yang ketiga, yang berkaitan dengan event. Presiden mengaku melihat memiliki banyak materialnya banyak di daerah, tetapi untuk kemasan packaging-nya yang masih perlu dibenahi dan juga fasilitas-fasilitas yang mendukung ke arah itu perlu diperbaiki. 

Baca Juga: Presiden Jokowi minta keruwetan regulasi di industri farmasi disederhanakan

“Saya kira kita juga harus apa… sentuh masalah apa ini kostum pakaian adatnya, kemudian calendar of event-nya kemudian yang berkaitan dengan event besar atau annual event nya, saya kira ini banyak sekali,” ungkap Presiden. 

Kemudian yang keempat, melakukan promosi pariwisata besar-besaran apabila yang disebutkannya sudah selesai. Yang tidak kalah pentingnya yang terakhir adalah penyiapan SDM yang mendukung sektor pariwisata. 

Untuk itu, Presiden berharap  Mendikbud dalam hal ini SMK-SMK yang berada di lingkungan pariwisata mestinya lebih dititikberatkan ke arah dukungan sektor pariwisata ini. 

Baca Juga: Dongkrak investasi, BKPM jemput bola membantu mengurus perizinan

“Dan juga yang terakhir saya lupa masalah kebersihan, ini tolong betul-betul dimulai oleh Kementerian yang terkait dengan ini urusan sampah, urusan plastik yang bertebaran di kawasan pariwisata benar-benar bisa diselesaikan,” kata Presiden Jokowi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×