kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,14   10,84   1.19%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi Harapkan Jalan Tol IKN Sudah Bisa Digunakan Mulai Juni 2024


Rabu, 01 November 2023 / 12:52 WIB
Jokowi Harapkan Jalan Tol IKN Sudah Bisa Digunakan Mulai Juni 2024
Presiden Joko Widodo bersama Menteri PUPR Basuki Hadimuljono saat meninjau proyek Tol IKN seksi 3A di Kalimantan Timur, Rabu (1/11/2023).


Reporter: Ratih Waseso | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Jokowi (Jokowi) berharap jalan tol Ibu Kota Nusantara (IKN) bisa mulai digunakan pada Juni 2024. Hal tersebut disampaikan saat peninjauan progres pembangunan jalan tol yang akan menghubungkan Balikpapan ke kawasan IKN.

Saat ini progres pengerjaan jalan tol tersebut telah mencapai hampir 55%. Ia berharap jalan tol tersebut bisa dipakai pada pertengahan tahun 2024 mendatang.

"Diharapkan nanti di bulan Juni 2024 sudah bisa dipakai," ucapnya dalam Kanal YouTube Sekretariat Presiden, Rabu (1/11).

Ia menyebut, dengan pembangunan jalan tol tersebut nantinya bisa memangkas waktu tempuh dari Balikpapan menuju IKN menjadi lebih singkat. Dimana biasanya perjalanan dari Balikpapan menuju IKN memerlukan waktu 2 jam 15 menit. Sehingga dengan hadirnya tol baru tersebut waktu tempuh akan menjadi sekitar 50 menit.

Baca Juga: Pakuwon Jati (PWON) Ground Breaking Proyek Superblok di IKN Senilai Rp 5 Triliun

"Sekarang dibangun tol ini langsung dari Balikpapan menuju ke Nusantara. Itu hanya memakan waktu kira-kira 50 menit, jaraknya 57 km sehingga ini akan mempercepat mobilitas orang dan barang nantinya ke Nusantara," ujarnya. 

Selain infrastruktur jalan, pemerintah juga menyiapkan fasilitas dan sarana pendukungnya seperti tempat istirahat. Pemerintah juga menyiapkan ribuan pohon untuk ditanami di sepanjang jalan tol tersebut.

"Kanan kirinya ini memang ingin kita buat sehijau mungkin sehingga mulai ditanami pohon-pohon endemik Kalimantan yang kita harapkan nanti kanan-kiri jalan tol ini semuanya green, hijau semuanya, dan kita sudah siapkan 60.000 pohon untuk jalan tol ini saja," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×