kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jokowi dijadwalkan tinjau lokasi terdampak erupsi Semeru hari ni


Selasa, 07 Desember 2021 / 08:13 WIB
Jokowi dijadwalkan tinjau lokasi terdampak erupsi Semeru hari ni
ILUSTRASI. Warga mengamankan kasur dari rumahnya yang rusak akibat diterjang material guguran awan panas Gunung Semeru di Desa Sumber Wuluh,


Sumber: Kompas.com | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Presiden Joko Widodo diagendakan meninjau lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, Selasa (7/12/2021).

Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan, Jokowi dan rombongan akan bertolak dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, Selasa pagi.

"Bapak Presiden akan melakukan kunjungan kerja ke Lumajang untuk melihat langsung kondisi terkini akibat bencana erupsi semeru," kata Heru, melalui keterangan video, Senin (6/12/2021).

Jokowi akan meninjau sejumlah titik seperti posko-posko yang didirikan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), gubernur, pangdam, bersama TNI-Polri, serta meninjau dapur umum yang telah disiapkan Kementerian Sosial.

Baca Juga: Indonesia volcano erupts again as death toll rises to 22

Tak hanya itu, Presiden juga dijadwalkan mengunjungi rumah sakit tempat korban dirawat.

"Jaraknya tidak akan terlalu jauh dari posko-posko itu, ada RS di mana saat ini sedang ada 2 atau 3 korban terkena panas erupsi," ujar Heru.

Heru menambahkan, Presiden Jokowi juga akan memberikan bantuan kepada masyarakat yang menjadi korban bencana.

"Bapak Presiden akan juga memberikan bantuan dari beliau langsung untuk para korban erupsi Semeru," kata dia.

Adapun Gunung Semeru yang berada di dua kabupaten, yakni Malang dan Lumajang, Jawa Timur, mengalami erupsi pada Sabtu (4/12/2021) sekitar pukul 15.20 WIB.

Erupsi Gunung Semeru mengeluarkan lava pijar, suara gemuruh, serta asap pekat berwarna abu-abu.

Selain menimbulkan korban jiwa, erupsi mengakibatkan puluhan korban luka hingga sejumlah rumah warga rusak sedang hingga berat.

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jumlah korban jiwa akibat erupsi Gunung Semeru, pada Senin (6/12/2021) pukul 17.30 WIB menjadi 22 orang.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Pusat Data, Informasi, dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari mengatakan, dari total 22 korban jiwa, sebanyak 14 orang ditemukan di Kecamatan Pronojiwo dan 8 orang di Kecamatan Candipuro.

Baca Juga: BMKG mencatat gempa terkini magnitudo 4,5 di Bima, Nusa Tenggara Barat

Selain itu, Abdul mengatakan, ada 27 korban yang masih dinyatakan hilang dan saat ini masih menjadi fokus pencarian oleh tim pencarian dan penyelamatan korban.

Kemudian, total masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di dua kecamatan yang terkena awan panas guguran dan 8 kecamatan yang terdampak debu vulkanik mencapai 5.205 orang.

Sementara, saat ini total masyarakat yang mengungsi di 19 titik pengungsian sebanyak 2.004 jiwa. Rinciannya, 305 di 9 titik di Kecamatan Pronojiwo, 1.136 jiwa di 6 titik Kecamatan Candipuro dan 563 jiwa di 4 titik Kecamatan Pasirian.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul Besok, Jokowi Tinjau Lokasi Terdampak Erupsi Semeru dan Berikan Bantuan kepada Korban

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×