kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Jokowi: 55% kabinet dari profesional pilihan saya sendiri


Rabu, 14 Agustus 2019 / 15:29 WIB
Jokowi: 55% kabinet dari profesional pilihan saya sendiri
ILUSTRASI. Presiden Joko Widodo

Reporter: Ardian Taufik Gesuri | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Para menteri kabinet periode pemerintahan 2019–2024 sudah ada di saku Presiden Jokowi. “Sudah siap untuk diumumkan,” ujar Jokowi dalam acara makan siang bersama para pemimpin redaksi di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8).

Menurut Jokowi, susunan kabinet ini memang sudah ditunggu-tunggu banyak orang. Tidak hanya dari kalangan dalam negeri, melainkan juga kalangan internasional. “Karena itu, isi kabinetnya harus bagus,” ucapnya. “Kalau kelihatannya enggak bener, ya… selesai,” sambungnya sembari mengangkat bahu.

Baca Juga: Megawati dikabarkan sudah kangtongi 10 nama calon menteri dari PDI-Perjuangan

Kapan kabinet baru diumumkan? “Bisa setelah pelantikan, Oktober nanti. Tapi bisa juga sebelum pelantikan. Sudah final siap diumumkan,” ujar Jokowi berteka-teki.

Jokowi memaparkan, komposisi kabinet barunya nanti ia rancang dengan saksama. “Perbandingannya 55%–45%; 55% professional, 45% partai,” ujarnya.

Untuk yang 45% menteri kabinet dari partai itu pun, lanjut Jokowi, tidak semata-mata nama yang disodorkan partai. Jokowi tetap akan menyeleksi. Kalau tidak cocok akan ia kembalikan, untuk diganti dengan calon lain.

Ada pun 55% menteri dari kalangan profesional, Jokowi menjamin, mereka benar-benar orang profesional, yang ahli di bidangnya. “55% profesional itu dari saya sendiri,” ujar Jokowi sambil tangannya memegang saku baju putihnya yang digulung sampai siku.

Baca Juga: Hadiri kongres, Jokowi jamin jatah menteri PDI-P terbanyak

Bahkan, Jaksa Agung pun bukan dari partai lagi. “Jaksa Agung dari profesional,” ucapnya.




TERBARU

Close [X]
×