kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45935,51   7,16   0.77%
  • EMAS1.335.000 1,06%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Jerry Sambuaga berharap Indonesia bisa upgrade posisi di rantai pasokan dunia


Kamis, 26 November 2020 / 09:30 WIB
Jerry Sambuaga berharap Indonesia bisa upgrade posisi di rantai pasokan dunia
ILUSTRASI. Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Dengan kerangka kebijakan perdagangan yang tepat, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) jerry Sambuaga optimistis Indonesia bisa meningkatkan posisinya dalam rantai pasokan dunia (global value chain). 

Sebagaimana diketahui, saat ini posisi Indonesia masih berada di pemasok bahan mentah dan industri yang padat karya. Ke depan, menurut Wamendag, Indonesia harus bisa mencapai posisi yang lebih baik mulai dari desain produk, industri padat teknologi dan sentra keuangan dan jasa.  

Hal itu dikatakan Jerry dalam Webinar 7th Annual Indonesia Economic Forum berkolaborasi dengan HSBC Indonesia. Jerry membawakan makalah yang diberi judul “Emerging Trends in Global Trade”. 

“Global value chain itu seperti huruf ‘U’, puncaknya di awal dan di akhir, yaitu tempat dimana valuenya paling besar. Di situ ada desain produk, marketing dan jasa atau barang yang berteknologi tinggi. Kita berharap secara bertahap bisa masuk ke sana,” kata Jerry.

Baca Juga: Wamendag optimistis EU-CEPA bakal ungkit ekspor buah ke Eropa

Jerry berpendapat bahwa perlu kerangka kebijakan dan implementasi yang baik antar kementerian agar hal tersebut bisa tercapai. Sinergi tersebut diharapkan bisa menjadi pintu keluar dari jebakan “lowest ladder of value chain” (lantai terbawah rantai value).

Salah satu yang diapresiasi dan akan selalu disinergikan adalah kebijakan mengenai TKDN. Menurut Jerry, hasil dan tanggapan dunia usaha soal TKDN juga cukup baik.

“Minggu yang lalu, saya bertemu dengan para pengusaha, asosiasi dan para stakeholders dalam diskusi publik sekaligus peninjauan pabrik di batam yang intinya mereka sangat senang dengan kebijakan TKDN. Bahkan mereka meminta agar penerapannya diperluas dan diintensifkan. Menurut say aitu merupakan salah satu jalan keluar agar kita bisa lebih punya peran dalam rantai pasokan global.” Kata Jerry.

Langkah lain yang bisa mengangkat Indonesia dalam rantai pasok global menurut Jerry adalah dengan perjanjian-perjanjian perdagangan.

Perjanjian dagang bagi Wamen penggemar batik itu akan memperpendek rantai pasokan. Ini akan berdampak pada pola transaksi perdagangan dan akhirnya ke pola produksi juga. Masing-masing negara berupaya untuk meraih posisi rantai pasokan terbaik dengan insentif dibandingkan pihak di luar mereka.

Baca Juga: Sudah ditandatangani, kapan RCEP diimplementasi?




TERBARU

[X]
×