kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Isu radikalisme pengaruhi sentimen investor


Senin, 23 Januari 2017 / 19:48 WIB
Isu radikalisme pengaruhi sentimen investor


Sumber: Antara | Editor: Yudho Winarto

JAKARTA. Staf Ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Bobby H Rafinus mengatakan isu-isu terkait radikalisme dan SARA (seks, agama, ras, dan antar golongan) dalam dinamika sosial politik Indonesia sepanjang 2016 hanya mempengaruhi sentimen investor di pasar modal dan keuangan.

"Kami melihat masalah SARA dan radikalisme masih (mempengaruhi) pada tingkat sentimen, belum mempengaruhi ke performa ekonomi secara umum," ucap Bobby dalam acara diskusi "SARA, Radikalisme, dan Prospek Ekonomi Indonesia 2017" di Graha CIMB Niaga, Jakarta, Senin (23/1).

Untuk menangani kemungkinan dampak SARA dan radikalisme terhadap kinerja perekonomian, Bobby mengatakan pihaknya akan berupaya menjaga stabilitas ekonomi secara umum, mengelola kinerja anggaran, dan mengembangkan program vokasi sebagai alternatif bagi angkatan kerja.

Kemenko Perekonomian juga tengah menyiapkan konsep program dan kebijakan ekonomi berkeadilan yang mengatur aset agar mampu dinikmati oleh semua lapisan masyarakat sebagai bentuk perhatian pemerintah terhadap ketimpangan.

Salah satu substansi dari program dan kebijakan ekonomi berkeadilan tersebut adalah menyangkut reforma agraria.

Sementara itu, di samping isu radikalisme dan SARA, Bobby mengatakan aspek perlambatan ekonomi global masih menjadi ancaman utama yang mempengaruhi performa ekonomi nasional dan membuat Indonesia belum beranjak dari pertumbuhan ekonomi 5 %.

"Kami melihat aspek global lebih mengancam kinerja ekonomi global. Kemungkinan volatilitas nilai rupiah akan lebih tinggi di 2017," ucap dia.

Bobby menjelaskan pula bahwa kebijakan proteksionisme Amerika Serikat akan mampu menimbulkan gejolak perdagangan internasional dan menjadi tantangan ekspor Indonesia.

Kemudian dari sisi domestik, program pemerintah menyangkut pemberdayaan ekonomi mikro kecil dan menengah akan terus digalakkan untuk mendorong daya beli masyarakat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×