kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45845,71   -11,32   -1.32%
  • EMAS943.000 -0,32%
  • RD.SAHAM -0.29%
  • RD.CAMPURAN -0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.07%

Ini tiga rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan jumlah tempat tidur


Kamis, 24 Juni 2021 / 23:19 WIB
Ini tiga rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan jumlah tempat tidur
ILUSTRASI. Ini tiga rumah sakit rujukan pasien Covid-19 dan jumlah tempat tidur

Reporter: Siti Masitoh | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Menindak lanjuti lonjakan pasien Covid-19 di DKI Jakarta, Kementrian Kesehatan (Kemenkes) menunjuk tiga rumah sakit yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, RSUP Persahabatan, dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Prof. Dr. Sulianti Saroso.

Direktur Utama Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso Mohammad Syahril menyampaikan ketersediaan tempat tidur untuk pasien Covid-19 sudah penuh hampir 96%, dan ada penambahan 24 tempat tidur pada 12 juni 2021.

Kapasitas tempat tidur  yang penuh dikarenakan sudah dari awal RS ini didedikasikan untuk perawatan pasien Covid-19. Selain itu, sehubungan dengan lonjakan kasus ini maka pihak RS telah merencanakan akan menambah 41 tempat tidur, sehingga total menjadi 145 tempat tidur sampai dengan pertengahan Juni.

“Mudah-mudahan dengan adanya penambahan tempat tidur ini akan menampung lebih banyak baik yg di ruangan ICU atau non ICU,” ujar Syahril, dalam konperensi pers, Kamis (24/6).

Baca Juga: Tambah kapasitas, 3 RS ini menjadi Rumahsakit Khusus Covid-19

Dengan penambahan kapasitas tempat duduk, pihak (RSPI) Prof. Dr. Sulianti Saroso membutuhkan 80 perawat dan 2 dokter spesialis radiologi dan rehabilitasi medik. Disamping itu,  sudah disiapkan juga apabila terjadi tumpukan di IGD, maka pihak RS dapat mengantisipansinya dengan persediaan tenda dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk mengurai tumpukan pasien yang ada di IGD.

Sementara itu di Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Persahabatan, Syahril menyampaikan tersedia 409 tempat tidur. Pada 24 Juni sebanyak 55% tempat tidur sudah diisi untuk pelayanan Covid-19, 32 diantaranya ICU dan 165 non ICU khususnya ruang isolasi.

Dengan adanya lonjakan pasien Covid-19, pihak RSUP Persahabatan telah merencanakan penambahan tempat tidur dengan 4 tahap. “Hal ini karena adanya perubahan dan proses penataan ruangan agar biasa menjadi ruangan isolasi dan memenuhi persyaratan isolasi,” ujar Syahril.

Harapannya, dengan adanya penambahan kasur ini akan memenuhi 90% di akhir Juli dan full didedikasikan untuk pasien Covid-19. Diantaranya penambahan  50 ruang ICU.

Dengan adanya penambahan tempat tidur tersebut, pihak RSUP Persahabatan membutuhkan tambahan tenaga perawat 150 untik mencapai 90% jumlah tempat tidur dan 3080 tempat tidur dan 14 dokter.

Baca Juga: Perekrutan nakes sangat singkat, pihak rumah sakit pastikan nakes layak bekerja

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Excel Master Class: Data Analysis & Visualisation Supply Chain Planner Development Program

[X]
×